Ads


» » » DPR RI Bahas Pengembangan Kawasan Parlemen dengan Kementerian PUPR


Jakarta,BeritaRayaOnline,-Dewan Perwakilan Rakyat RI merencanakan merenovasi kawasan Gedung DPR RI di Senayan, atau yang disebut komplek parlemen. Hal ini karena kurang memadainya ruang kerja anggota yang digunakan oleh 560 anggota.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto saat Rapat Konsultasi dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diwakili oleh Direktur Penataan Bangunan dan Lingkungan, Adjar Prajudi, di Gedung DPR RI, Senin (9/3/2015).

Menyinggung ruang kerja, Setya mengungkapkan rata-rata luas ruang kerja anggota dewan saat ini berkisar antara 26-35 m2 per anggota. Ruangan seluas itu digunakan sebagai ruang kerja anggota, sekretaris, staf ahli, dan ruang penunjang lainnya.

Sejalan dengan meningkatnya kompleksitas permasalahan yang dihadapi serta tuntutan akan peningkatan kinerja anggota dewan, maka perlu adanya perluasan ruang kerja yang setidaknya setara dengan standar ruang kerja pejabat eselon IA.

"Selain ruang kerja, masih diperlukan pula berbagai ruang rapat, perpustakaan, museum dan ruang pertemuan," ujar Setya.

Dalam rapat konsultasi tersebut Adjar menjelaskan, pembangunan gedung negara diselenggarakan dengan berpedoman kepada Keputusan Menteri PU No. 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung  Negara. Secara garis besar, keputusan Menteri PU tersebut diterbitkan untuk menjamin bahwa gedung negara yang akan dibangun haruslah fungsional, andal, efektif dan efisien, serta diselenggarakan secara tertib.

"Gedung yang dibangun tidak boleh berlebihan dalam hal besaran ruang, penggunaan material dan peralatan, serta dalam hal biaya pembangunannya.  Di sisi lain, proses pembangunannya tetaplah harus dilaksanakan secara tertib dan mengikuti ketentuan yang berlaku," kata Adjar.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPR RI didampingi oleh Wakil Ketua DPR Fachri Hamzah dan Sekjen DPR RI, Winantuningtyastiti Swasanani. Sedangkan Direktur PBL didampingi Kasubdit Pengelolaan Pembangunan Gedung dan Rumah Negara (PPGRN) J. Wahyu Kusumasusanto. (ari/puskom publik pupr/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini