Ads


» » » Senyum Mentan Untuk Irigasi Swadaya di Masbagik


news

Lombok Timur, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, melanjutkan peninjauan irigasi tersier di desa Beriuk Genjer Desa Masbagik Utara, Kecamatan Masbagik, Rabu (4/2/2015). Mentan memberikan apresiasi terhadap kelompok petani di daerah ini karena telah berhasil melakukan swadaya untuk menambah luasan irigasi dan membuat konstruksi yang baik di jaringan irigasi tersiernya.

"Fotokan ini untuk Pak Gatot (Dirjen PSP), ini untuk yang dijadikan contoh, ini tebalnya bagus,” kata Mentan.

Mentan Andi Amran Sulaiman  mendapatkan penjelasan bahwa panjang irigasi tersier yang direncanakan seluas 70 ha namun dapat terealisasi 165 ha. Mentan menanyakan kepada warga yang hadir tentang realisasi yang lebih tinggi dari rencana. 

 Ternyata anggaran untuk irigasi di Desa Beriuk Genjer didapatkan dari swadaya masyarakat yaitu dana gotong royong sehingga penambahan 95 ha. Mendapatkan penjelasan tersebut, Mentan tersenyum bangga.

Melihat kesempatan menyampaikan pertanyaan yang diberikan Mentan, salah seorang warga meminta agar Mentan bergegas meninjau DAM Beriuk Genjer yang sudah rusak. Menurut petani tersebut, jaraknya tidak terlalu jauh hanya 200 meter.

"200 meternya Bapak, itu sama dengan satu kilometer,” canda Mentan, sontak semua rombongan kunjungan kerja dan masyarakat tertawa.

Ketika melihat DAM yang rusak di daerah tersebut, Mentan meminta kepada wakil bupati Lombok Timur yang ikut serta dalam peninjauan untuk melakukan perbaikan dengan pendampingan dari dinas PU. Pada lokasi tersebut terdapat aliran air yang selalu mengalir di setiap musim, dan potensi tersebut diharapkan oleh Mentan dapat dijadikan sumber pengairan bagi pertanian kecamatan Masbagik.(website biro umum dan humas kementerian pertanian/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini