Ads


» » » Menteri Pertanian Berjanji Lipatkan Bantuan untukk Provinsi Jambi Bila Berhasil Swasembada Pangan

news


Jambi, BeritaRayaOnline,- Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, berharap dukungan dari semua stekholder pertanian, khususnya di Propvnsi Jambi. Mentan berjanji akan melipatkan bantuan apabila propinsi ke-22 yang dikunjungi Mentan ini berhasil mencapai target dalam mendukung swasembada pangan.

Didampingi Wakil Gubernur Jambi dan , H Fachrori Umar dan Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola Zulkifli, Mentan berkesempatan untuk melakukan peletakan batu pertama untuk jaringan irigasi tersier di kabupaten dengan luas 5.445 km2 ini, Rabu (11/2/2015) seperti dikutip kembali dari www.deptan.go.id, Kamis siang (19/2/2015).

 Pada tahun ini, Provinsi Jambi mendapatkan bantuan perbaikan jaringan irigasi sebanyak 22.000 ha.

“Pak Kalau ini irigasi selesai satu bulan atau dua bulan, kami berikan tambahan dua kali lipat, yang penting bapak selesaikan dua bulan, bisa? Masa mau dikasih gratis tidak bisa. Kami kasih 40.000 Ha,” ungkap Mentan.

Mentan juga berjanji akan menambahkan bantuan tiga kali lipat untuk optimasi lahan yang saat ini terdapat 7.910 ha menjadi 23 ribu ha.

Di lokasi yang berbeda, Mentan juga meninjau integrasi sapi sawit di PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VI yang berlokasi di kabupaten Batanghari. Integrasi tersebut berupa pengolahan pakan ternak yang terdiri dari pelepah daun sawit hasil tunasan yang dimanfaatkan sebagai sumber pakan ternak sapi. 

Integrasi Sapi Sawit ini dapat menjamin ketersediaan dan kontinuitas pakan dengan mudah dan murah. Perbandingan luas kebun sawit dan jumlah sapi untuk menjaga stabilitas pakan adalah satu ekor sapi setiap hektar kebun kelapa sawit.

“Kami punya program sapi sawit 10 juta Ha di seluruh Indonesia, 20 % saja berarti 2 juta, Indonesia hanya butuh satu juta ha saja, kita butuh sinergi, BUMN, PTPN atau siapapun. Ini potensi yang luar biasa,” ungkap MentanAndi Amran Sulaiman. (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini