Ads


» » » Mentan Gelar Rapat UPSUS Bahas Pengawalan Swasembada Pangan Padi, Jagung, dan Kedelai

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Amran Sulaiman menggelar rapat pimpinan membahas Upaya Khusus (UPSUS) bersama jajaran Eselon I dan II lingkup Kementerian Pertanian di ruang rapat Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian, di Jakarta, Senin (16/2/2015). Rapat ini fokus membahas pengawalan swasembada pangan untuk padi, jagung dan kedelai dan evaluasi serapan lapangan untuk APBN dan APBN Perubahan 2015.

Menurut Mentan, UPSUS merupakan upaya khusus mewujudkan swasembada pangan yang turun sampai ke desa dan petugas lapangan yang tinggal di kabupaten, dimana satu kabupaten akan dikawal oleh satu Direktur (eselon II).

“Kami sudah menempatkan satu kabupaten satu direktur untuk mengawal UPSUS sampai selesai” ungkap Mentan seperti dikutip dari www.deptan.go.id di Jakarta, Selasa pagi (17/2/2015).

Kementerian Pertanian mendapat tambahan anggaran 16,9 triliun, hingga totalnya menjadi 32,8 triliun, yang ditujukan untuk swasembada padi, jagung dan kedelai.

“Penyelesaian APBN kami targetkan pada bulan April selesai” tambah Mentan.

Mentan Andi Amran Sulaiman  menjelaskan bahwa ada lima hal yang menjadi kunci menuju swasembada, yaitu penyelesaian masalah irigasi yang rusak, penyediaan pupuk, benih, alsin dan mengoptimalkan peran penyuluh.

“Irigasi yang rusak sebesar 52 persen kurang lebih 3 juta ha, dimana target yang diperintahkan Presiden sebesar 1 juta ha, namun Kementerian Pertanian menargetkan 1,5 juta ha tahun ini selesai,” ujar Mentan.

Selain itu, lanjut Mentan, ada dua hal penting yang perlu ditingkatkan menuju swasembada, yaitu peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas. Peningkatan IP artinya yang biasa tanam satu kali menjadi dua kali, kemudian produktivitas artinya meningkatkan produksi yang biasanya 5 ton diangkat menjadi 5,5 atau 6 ton.

“Dua hal ini yang kita tingkatkan, karena lahan di seluruh Indonesia sebesar 7,1 juta ha, apabila tanam dua kali saja berarti luas tanam menjadi 14,2 juta ton, dengan demikian swasembada yakin dapat dicapai,” tegas Mentan.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini