Ads


» » » Kerjasama Tingkatkan Produktivitas Lahan Kering di Aceh



news 

Aceh, BeritaRayaOnline,-Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan kerjasama dengan New South Wales Department Primary Industry (NSW-DPI) yang didanai oleh Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) Australia untuk kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan dalam proyek ‘Improving Soil and Water and Crop Productivity of Dryland Agriculture Systems of Aceh and NSW’ yang akan berfokus pada areal yang terkena dampak tsunami.

Inception Meeting diadakan pada Senin, (2/2/2015) di Rektorat Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh, yang dihadiri oleh seluruh perwakilan institusi yang akan terlibat dan mendukung pelaksanaan kegiatan kerjasama penelitian tersebut.

 Pertemuan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang ruang lingkup, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai serta menyusun action plan yang akan dilakukan selama empat tahun ke depan.

Pertemuan ini diisi dengan serangkaian kegiatan berupa presentasi tentang peran, tugas dan kontribusi masing-masing institusi. Selain itu juga melakukan kunjungan lapangan (field visit) ke lokasi kegiatan di Kabupaten Aceh Besar, dan penyusunan rencana kerja.

Program Manager ACIAR untuk Asia Pasifik, Dr. Robert Edis, menyatakan bahwa Pemerintah Australia melalui ACIAR berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, termasuk di wilayah paling barat di Provinsi Aceh. Ia berharap proyek ini dapat meningkatkan kapasitas sumberdaya penelitian yang bermanfaat untuk kedua negara.

Pembantu Rektor Bidang Kerjasama mewakili Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Nazamuddin berharap Unsyiah dapat memberi nilai tambah keilmuan terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di samping dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa dan dosen-dosen yang terlibat untuk memberikan kontribusi secara langsung dalam pencapaian output yang ingin dicapai.

Sementara itu Kepala BPTP Aceh, Ir. Basri A. Bakar, M.Si, dalam menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan kerjasama penelitian yang berfokus pada peningkatan produksi pangan pada lahan kering, sangat sesuai dan relevan dengan upaya pemerintah dalam peningkatan produksi pangan baik di Provinsi Aceh maupun secara nasional.

Lahan kering merupakan potensi besar yang perlu dioptimalkan pemanfaatannya untuk mengatasi kejenuhan peningkatan produksi di lahan sawah irigasi. Balitbangtan memberi dukungan antara lain berupa benih varietas unggul dan alat bantu penelitian, serta pengelolaan tanah dan teknologi budidaya tanaman di lahan kering.

Kegiatan penelitian yang akan dilakukan diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi teknologi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang masih membatasi tingkat produktivitas tanaman pangan di lahan kering di Provinsi Aceh.(www.deptan.go.id/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini