Ads


» » » Kementan Melalui Balitbang Luncurkan Layanan Konsultasi Padi


news

Jakarta,BeritaRayaOnline,- Para penyuluh dan teknisi pertanian lapangan di seluruh pelosok tanah air tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui dan memahami informasi hasil penelitian terkini dalam hal Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) guna meningkatkan produktivitas khususnya padi.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian  bekerjasama dengan International Rice Research Institute (IRRI) meluncurkan program Layanan Konsultasi Padi (LKP), Senin (16/2/2015), guna memfasilitasi para penyuluh dan teknisi pertanian di lapangan. Bahkan petani juga diharapkan dapat memahami caranya.

Program LKP yang berbasis Web dan dapat diakses melalui situs http://webapps.irri.org/id/lkp ini merupakan pembaruan inovasi Pengelolaan Hara Spesifik Lokasi (PHSL) dan Rice Crop Manager. Layanan ini dapat memberikan rekomendasi pengelolaan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi.

LKP berguna untuk membantu petani padi dalam mengelola sawahnya dengan tepat berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, serta bermanfaat

Penyuluh juga dapat memberikan informasi dan menjelaskan kepada petani agar mampu mengurangi intensitas serangan hama dan penyakit, penggunaan benih bermutu varietas unggul spesifik lokasi, teknik pengelolaan hara/pupuk, penggunaan jaring di persemaian, tanam serentak, tidak menyemprotkan pestisida sampai 30 hari setelah tanam (HST) dan dapat meningkatkan produktivitas malalui sistem tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1.

Selain itu, Penyuluh dapat secara langsung memanfaatkan LKP dengan memwawancari petani dan memberikan anjuran yang tepat sesuai dengan hasil konsultasi yang dihasilkan LKP. Rekomendasi hasil konsultasi dapat dicetak untuk diberikan ke masing-masing petani. Yang lebih penting adalah LKP ini sangat bermanfaat bagi petani sebelum memulai petanaman padi.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini