Ads


» » » Kebijakan Penyerapan Produksi, Upaya untuk Menstabilkan Harga


newsPraya,BeritaRayaOnline,- - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, didampingi Wakil Gurbenur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Amin,  meninjau lokasi irigasi tersier di kelurahan Tani Beriuk Angen dusun Songkar desa Aik Mual kecamatan Praya kabupaten Lombok Tengah, Selasa (03/02/2015).

Mentan menyampaikan kepada warga akan memberikan bantuan untuk Lombok Tengah dengan perbaikan irigasi sejumlah 5.000 Ha dan optimasi lahan untuk 2.000 Ha. Selain itu Mentan memberikan 39 handtraktor dan saprodi PAT kedelai untuk 8.000 Ha untuk daerah ini.

Untuk komoditas kedelai Mentan berpesan khusus kepada masyarakat NTB agar hasil produksinya ditingkatkan. Dalam hal ini, provinsi yang memiliki 5 juta penduduk ini akan mendapatkan bantuan sebanyak 76.000 Ha untuk komoditas kedelai.

"Jangan hanya 1,2 ton, minta ke Pak Mei (Penanggung Jawab UPSUS Provinsi) untuk mendatangkan ahli dari UGM untuk membantu peningkatan produksi", kata Mentan Andi Amran Sulaiman.

Dari bantuan-bantuan yang diberikan, Mentan berharap terdapat kenaikan produksi sebanyak 20 - 30 %. Resiprokal yang bersaut dari Wagub didalam menanggapi dari target yang ditentukan,

"Ketika nanti ada kenaikan produksi, kestabilan harga sangat dibutuhkan, pak Mentan", ujar Wagub.

Kepastian pasar diungkapkan oleh Mentan ketika menjawab pertanyaan Wagub. Tahun sebelumnya biasanya diserap hanya 2,5 ton padi, dan Mentan telah berkoordinasi dengan Menko Perekonomian dan Bulog serta melaporkan kepada Presiden RI bahwa serapan akan dinaikan menjadi 2 kali lipat.

“Sebanyak 5 juta ton akan ditampung oleh Bulog pembeliannya,”  ujar Mentan.

Pada wilayah Lombok Tengah, Mentan menjanjikan apabila terdapat peningkatan produksi maka bantuan akan ditambahkan. Diantarana penambahan tambah traktor 120 unit, 64 pompa, 32 transplanter, dan irigasi akan dinaikan menjadi 14.000 Ha. Sedangkan untuk komoditas jagung, Mentan akan memberikan bantuan untuk 5.000 Ha di Lombok Tengah ini. Optimasi di NTB secara keseluruhan mendapatkan bantuan sebanyak 26.700 Ha dan akan ditambahkan menjadi 50.000 Ha.

Selain memberikan bantuan untuk pencapaian swasembada komoditas padi, jagung dan kedelai, Mentan juga akan memberikan 10.000 untuk Inseminasi Buatan komoditas sapi untuk NTB.(website biro umum dan humas kementerian pertanian/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini