Ads


» » » Menteri Pertanian Yakin Pupuk Organik Ciunik Dapat Mendorong Swasembada Pangan di Indonesia


news
Sukoharjo, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, tertarik pada penjelasan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, tentang pupuk organik Ciunik pada Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Kunjungan Presiden di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Senin malam (26/01/2015). 

Dijelaskan oleh Bupati, Sukoharjo merupakan kabupaten dengan urutan luas kedua terkecil di Jateng yang memiliki luas lahan pertanian 23.300 Ha dengan produksi rata-rata 9,1 Ton per Ha.

Mentan Andi Amran Sulaiman yakin dengan pengembangan potensi lokal di daerah seperti pupuk Ciunik dapat mendorong swasembada pangan di Indonesia. Pupuk Ciunik berasal dari limbah ciu, hasil fermentasi tanaman tebu yang berguna untuk menyuburkan tanah.

"Luas lahan sawah di Indonesia sebesar 7 juta Ha, dan jika potensi seluruhnya memproduksi 9 ton hasilnya adalah 63 juta ton, jika dikalikan dua kali panen hasilnya 126 juta ton, padahal Indonesia hanya 60 juta ton. 60 juta ton lebihnya kita bisa ekspor. Ditambah potensi lokal pupuk kata pak bupati tadi. Pasok yang disenangi pasar, Asia bisa kita suapi," jelas Mentan.

Realisasi swasembada menurut Mentan Andi Amran Sulaiman  dapat diraih dengan kebersamaan dengan seluruh stakeholder yang bergerak melepaskan ego sektoral.

"Saatnya kita tempur untuk pangan. Kalau goyah akan sulit mengatasi," ujar Mentan.

Dalam kesempatan ini, Kabupaten Sukoharjo mendapatkan bantuan untuk perbaikan irigasi seluas 4.500 Ha, optimasi lahan 1.000 Ha, Alsintan 130 unit, untuk saprodi untuk Jagung sebanyak 2.000 Ha dan untuk saprodi kedelai 1.000 Ha.(website biro umum dan humas kementerian pertanian/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini