Ads


» » » Mentan : Kalau Ada Distributor atau Agen Pupuk Main-Main Izin akan Kami Cabut

Sukoharjo,BeritaRayaOnline,-"Kalau ada distributor atau agen pupuk main-main izin akan kami cabut.Tidak ada kompromi dalam hal ini.Kita tidak boleh main-main untuk menuju swasembada pangan," tegas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di sela acara penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di areal persawahan Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Selasa (27/1/2O15).Penandatanganan nota kesepahaman itu terkait dukungan program swasembada pangan.

Dikatakan lagi oleh Mentan Andi Amran Sulaiman, masalah pupuk sering dikeluhkan petani hampir di seluruh wilayah Indonesia.Sebenarnya ketersediaan pupuk di negeri ini selalu mencukupi.Hanya saja dalam pendistribusiannya sering terjadi keterlambaran dan seakan-akan menjadi langka.

"Bukannnya sebenarnya langka yang terjadi.Kami sudah cek di 2O provinsi yang bermasalah distribusinya," ujarnya.

Andi Amran mengatakan keterlambatan distribusi pupuk berimbas pada hasil produksi.Berdasarkan hitungannya, keterlambatan pupuk selama dua minggu menurunkan produksi hingga dua ton dalam satu hektar lahan pertanian.

"Bayangkan kalau lima atau satu juta hektare terlambat penurunan distribusi bisa mencapai dua juta ton.Itu sangat signifikan,"ujarnya.

Dikatakan lagi keterlambatan distribusi pupuk sudah diantisipasi dengan perubahan mekanisme pengadaan.Menurutnya sistem pengadaan pupuk,pestisida dan benih sudah dengan metode penunjukkan langsung.

"Tender pengadaan pupuk bisa butuh waktu tiga bulan.Belum kalau complain, bisa empat bulan.Untuk itu mulai tahun 2O15 ini penunjukkan langsung.Pengadaan harus dipercepat," jelasnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengancam mafia pupuk distributor pupuk.Bahkan pihaknya tidak akan segan-segan mencabut izin operasi para distributor pupuk yang "nakal".

"Sebenarnya pernyataan tegas saya ini sudah saya sampaikan kepada para distributor di Kota Makmur dalam sebuah pertemuan Senin malam (26/1/2O15)," ucapnya.(Lasman Simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini