Ads


» » » Bantuan Pertanian di Sukoharjo, Jawa Tengah Cukup Besar

Sukoharjo,BeritaRayaOnline,- Bantuan Pertanian di Sukoharjo, Jawa Tengah, cukup besar.Diantaranya traktor 183 unit, perbaikan saluran irigasi untuk 45OO hektare lahan dan bantuan pupuk ciunik untuk 5OOO hektare.Kementerian Pertanian juga akan memberikan bantuan benih ke petani kedelai untuk lahan seluas 3OOO hektare.

"Saya janji akan memberi bantuan tambahan jika hasil produksi naik minimal 3O persen tahun depan.Tahun ini anggaran untuk peralatan pertanian mencapai Rp 2 triliun untuk pengadaan 1O ribu traktor yang akan kami berikan pada petani di seluruh Indonesia," jelas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kepada wartawan di Sukoharjo, Jawa Tengah, kemarin.

Sementara itu Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan Sukoharjo siap mendukung program swasembada pangan.Area persawahan di Desa Dalangan, Tawangsari akan dijadikan percontohan menanam padi dengan mesin moderen atau mesin penanaman padi.

Untuk itu petani diminta mampu meningkatkan produktivitas khususnya tanaman padi.Sehingga program swasembada pangan bisa tercapai tahun 2O17 mendatang.

"Tahun ini di Sukoharjo banyak bantuan dari Kementan agar produktivitas tanaman pangan bisa meningkat," katanya.

Rektor UGM Dwikorita Karnawati kepada wartawan usai penandatanganan Memorandum of understanding (MOU) Kementerian Pertanian dengan Universitas Gajah Mada mengatakan Mou antara Kementerian Pertanian dengan UGM Yogjakarta juga sudah dilakukan dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia itu terkait penelitian di bidang pertanian.Khususnya tanaman pangan seperti padi,kedelai,jagung dan lain sebagainya.

UGM akan melakukan penelitiab dalam pengembangan varietas tanaman pangan untuk meningkatkan produktivitas.Mou pengembangan varietas padi baru yang memiliki produkytivitas lebih tinggi.Penelitian varietas baru nanti akan diujicoba pada demplot-demplot milik petani.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini