Ads


» » » Mentan Suswono : Penguasaan Lahan Pertanian oleh Petani Kian Menyusut karena Dijual ke Pihak Lain !

Bogor , BeritaRayaOnline,-Penguasaan lahan pertanian oleh petani kian menyusut karena dijual ke pihak lain. Hal ini yang memicu adanya konversi lahan pertanian untuk kepentingan lain secara besar-besaran.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono punya solusi yang dapat diterapkan oleh mentan baru mendatang. Ia menawarkan skema penyediaan lahan kepada petani dengan pola Hak Guna Usaha (HGU).

"Petani diberikan hak untuk mengelola sebidang lahan. Tapi lahan itu tidak diberikan sebagai milik, melainkan untuk dikelola saja oleh petani yang bersangkutan," kata Suswono di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Senin (1/9/2014).

Dengan skema ini, diharapkan peralihan fungsi lahan yang semula sering dihadapi dunia pertanian tanah air dapat dicegah.

"Lahan ini bisa diturunkan ke anak bahkan cucunya selama masih mampu melakukan usaha pertanian. Tapi kalau sudah mulai melenceng bisa kita cabut dan kita serahkan ke orang lain yang mau menggarap pertanian di lahan tersebut," tegasnya.

Ia berharap, petani Indonesia dapat menggarap sedikitnya 2 hektar lahan pertanian per orang.

"Kita tidak akan kalah lagi dengan negara lain kalau petani kita bisa menggarap 2 hektar lahan pertanian per orang. Saat ini kan kendalanya 1 orang petani hanya menggarap 0,3 lahan pertaninan. Bagaimana kita mau bersaing," tegasnya.

Ia menambahkan, bila hal ini bisa diterapkan secara konsisten oleh pemerintah maka permasalahan pokok pertanian berupa lahan dapat teratasi, peningkatan produksi pun bukan hal yang mustahil dicapai.(detik.com/lasman simanjuntak)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini