Ads


» » » Mentan Suswono Ajak Masyarakat untuk Konsumsi Susu

Makassar, BeritaRayaOnline - Menteri Pertanian Ir Suswono, turut hadir di peringatan Hari Susu Nusantara, Minggu (1/6/2014) di Anjungan Pantai Losar Makassar. Suswono mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi susu.

"Mari mengkonsumsi susu. Mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan menghasilkan generasi cerdas," jelas Suswono, Minggu (1/6/2014).

Selain itu, Mantan Ketua Komisi IV DPR RI itu juga berharap melalui momen ini, industri susu di tanah air bisa meningkat.

Kota Makassar menjadi tuan rumah Hari Susu Nusantara yang dihadiri Menteri Pertanian Dr Ir Suswono, MMA.

"Ini merupakan suatu kehormatan karena Hari Susu Nusantara 2014 dipusatkan di Makassar, Sulsel," kata Wakil Gubernur Sulsel H Agus Arifin Nu'mang di anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (1/6/2014).

Dia mengatakan, pada peringatan Hari Susu Nusantara yang juga merupakan bagian dari Hari Susu sedunia.

Hari Susu dicanangkan Oleh FAO 1 Juli dan di Indonesia mulai dicanangkan pada 2009. Khusus tahun ini mengangkat tema "Meningkatkan Produksi Susu Segar dalam Negeri, Menunjang Ketahanan Pangan dan Kualitas Manusia Indonesia".

Sementara itu, Sekretaris Ditjen P2HP Kementerian Pertanian Yazid Taufik mengatakan, pemilihan Makassar sebagai tuan rumah, karena Sulsel merupakan sentra produksi susu di luar jawa di KTI.
"Namun produksi susu Sulsel yang dipasarkan dalam bentuk olahan, bukan susu segar. Karena itu, perlu mengkampanyekan pentingnya konsumsi susu segar," katanya.

Pada rangkaian kegiatan Hari Susu Nasional digelar lomba sapi perah dan pengolahan susu selama Mei 2014 untuk memotivasi peternak dan pengolah produk susu.

Menurut Agus pada kesempatan itu, produk dalam negeri masih terbatas sehingga susu masih diimpor. Sementara konsumsi perkapita juga masih rendah, secara nasional tercatat 12 liter sedang Sulsel baru tujuh liter per.

"Produksi susu nasional baru 2,6 juta, sedang kebutuhan susu mencapai 5,50 juta ton per tahun," katanya.

Hari Susu Nusantara 2014 diawali dengan gerak jalan santai di Anjungan Pantai Losari, Makassar yang diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai daerah di Sulsel.(dbs/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini