Ads


» » » Jokowi-JK Lebih Detail dan Banyak Ungkapkan Agenda Aksi yang akan Dilakukan

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK lebih detail dan banyak mengungkapkan agenda aksi yang akan dilakukan."Jokowi lebih kontekstual dalam melihat kondisi bangsa, pembenahan sistem, politik, penganggaran dan lainnya sehingga kelihatan lebih siap.Mungkin ada hubungannya dengan pengalaman dia walau di level wali kota dan gubernur," kata Syamsuddin Haris, Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Ketika diminta penilaiannya soal hasil debat pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang pertama yang telah digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam (9/6/2O14) mulai pukul 2O.OO hingga 22.3O WIB dipandu Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada, Zainal Arifin Mochtar.
"Sebaliknya jawaban Prabowo yang lebih umum kemungkinan disebabkan pengalaman yang minim di dalam pemerintahan.Prabowo lebih banyak berkecimpung di meliter sehingga yang selalu muncul di dalam penjelasannya terlihat normatif seperti saat ditanya mengenai pandangannya tentang diskriminasi,"ujarnya.
Sementara itu Saldi Isra,Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Padang, mengatakan jawaban Prabowo-Hatta merefleksikan visi dan misi pasangan itu yang telah diserahkan kepada KPU dan memang lebih umum.Karena itu respon respon terhadap pertanyaan moderator cenderung lari ke atas ketimbang turun ke bawah.
"Ini menurut saya kuatnya Jokowi-JK.Mereka menyentuh hal-hal general tidak terlalu banyak.Mereka menjawab pertanyaan dengan hal-hal yang dilakukan sehingga mereka kelihatan lebih menguasai topik yang dikedepankan," ucapnya.
Syamsuddin mencatat ide manajemen pengawasan yang dikemukakan Jokowi ketika ditanya mengenai upaya pemberantasan korupsi merupakan ide yang segar.
Menurut Syamsuddin, debat capres-cawapres putaran pertama ini bisa membuat anggapan bahwa Jokowi tidak memiliki kemampuan artikulasi menjadi berkurang.Sebaliknya Prabowo yang selama ini dikenal orator yang handal ternyata kurang konseptual dalam memberikan jawaban.
Debat Capres dan Cawapres terbagi menjadi enam segmen.Kedua pasangan calon membawa ratusan pendukung masing-masing yang membuat suasana di Balai Sarbini sempat memanas karena sempat saling ejek.
Antusiasme juga terlihat di luar gedung Balai Sarbini.Ketika aparat keamanan melarang siapa pun masuk karena sudah penuh, para simpatisan dua kandidat tak kehabisan akal untuk bisa melihat debat itu.(Kompas/Jitro/Flora/Jhonnie Castro/PLS)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini