Ads


» » » Sri Wijayanti : Benih Merupakan Kunci Utama Keberhasilan Agribisnis Hortikultura

Teks Foto  : Ir.Sri Wijayanti, M.Agr.Se, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian (Foto :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Malang, Jatim,BeritaRayaOnline,-Benih merupakan kunci utama keberhasilan agribisnis hortikultura.Oleh karena itu penggunaan benih bermutu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk hortikultura mutlak untuk dilakukan.

Demikian dikatakan Ir.Sri Wijayanti, M.Agr.Se, Direktur Perbenihan Hortikultura, Kementerian Pertanian dalam jumpa pers di sela-sela acara Penas Petani-Nelayan XIV tahun 2O14 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (11/6/2O14).

Menurutnya, saat ini produsen dalam negeri telah dapat membuat varietas sayuran dan buah semusim yang produknya dapat bersaing di pasaran.Namun, banyak petani yang belum mengetahui dari varietas tersebut.

"Direktorat Perbenihan Hortikultura dalam rangka mensosialisasikan keunggulan berbagai varietas hortikultura melaksanakan kegiatan jambore varietas unggul hortikultura," jelasnya.

Ir.Sri Wijayanti mengatakan lagi tujuan Jambore Varietas Hortikultura dalam Penas XIV 2O14 (1) mensosialisasikan keunggulan berbagai varietas hortikultura produk dan produsen benih dalam negeri kepada petani dan masyarakat umum, (2) promosi benih bermutu, (3)agrowisata dan edukasi, (4) meningkatkan konsumsi hortikultura nusantara.

"Jambore varietas unggul hortikultura menjadi salah satu kegiatan di seksi gelar teknologi.Lahan jambore terletak di Kecamatan Kepanjen, Malang, Jawa Timur.Peserta jambore varietas unggul adalah produsen benih, balai penelitian, petani, petugas pertanian pusat, provinsi, kabupaten, kota, pelajar, dan masyarakat umum," ujarnya.

Jambore varietas merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Perbenihan Hortikultura sebagai bentuk apresiasi dan sosialisasi varietas hortikultura unggul yang telah dihasilkanb para pemulia dalam negeri.

Jambore ini pertama kali dilaksanakan pada kegiatan PF2N tahun 2O1O di Batam yang mendapat tanggapan positip dari berbagai pihak.Pada 2O11 Jambore Varietas dilaksanakan di Bali di arena PF2N.Selanjutnya jambore varietas merupakan kegiatan yang tidak pernah terpisahkan dari PF2N (tahun 2O12 di Medan dan tahun 2O13 di Yogjakarta).

Di samping itu juga pernah dilaksanakan Jambore Varietas Hortikultura dataran tinggi di Garut, Jambore Varietas bawang merah di Brebes, Jambore Varietas Hortikultura dataran menengah di Sukabumi dan Jambore Varietas Hortikultura dataran rendah di Makassar, Jambore Varietas Hortikultura pada PF2N 2O13 di Yogjakarta serta Jambore Varietas Hortikultura pada kegiatan HPS 2O13 di Padang, Sumatera Barat.

"Jambore varietas unggul hortikultura pada acara Penas baru pertama kali dilaksanakan pada Penas XIV petani nelayanb di Malan.Namun, acara Jambore Varietas TA 2O14 juga akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan (bawang merah) dan di Sulawesi Selatan pada PF2N 2O14 yang digabung dengan acara Hari Pangan Sedunia atau HPS, "kata Ir.Sri Wijayanti.

Komoditas dan varietas yang ditanam di Lahan Jambore Varietas yakni cabe (52 varietas), mentimun (19), kacang panjang (11), jagung manis (12), Paria (8 ), gambas/oyong (8), tomat (11),terong (7), buncis (3),semangka (23), melon (29), labu (2),waluh (2),sawi hijau (2), kubis (1),dan marigold (2 varietas), jadi total 194 varietas.Produsen yang berpartisipasi dalam Jambore Varietas Unggul Hortikultura sebanyak 23 produsen.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini