Ads


» » » Pertarungan Pilpres 2O14 Dimulai, Jokowi janji Bawa Gerakan Perubahan


Jakarta,BeritaRayaOnline,- Perjalanan menuju Pemilu Presiden (Pilpres) memasuki babak baru.di Jakarta, Senin (19/5/2O14), dua poros mendeklarasikan pasangan bakal calon presiden-wakil presiden.Poros Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengumumkan pencalonan Joko Widodo dan Jusuf Kalla di Gedung Joang 45 Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.Sementara poros Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendeklarasikan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di rumah Polonia, Jalan Cipinang Cempadak, Jakarta Timur.

Secara matematika kekuatan dua poros cukup berimbang karena masing masing dihuni empat partai.PDIP disokong oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat.Sementara Gerindra didukung Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan.

Pemilu Presiden 9 Juli 2O14 dipastikan berlangsung satu putaran karena hanya diikuti dua pasang calon presiden-calon wakil presiden yaitu pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.Lima puluh hari ke depan yang tersisa akan menjadi sangat menentukan bagi kedua pasangan.

Pasangan Jokowi-JK yang didukung PDIP,PAN, PKB dan Hanura menguasai 2O7 dari total 56O kursi DPR.Sementara pasangan Prabowo-Hatta yang diusung lima partai menguasai 292 kursi DPR serta satu partai nonparlemen yaitu Partai Bulan Bintang.

Sementara itu sampai Senin malam (19/5/2O15) Partai Demokrat yang menguasai 61 kursi DPR belum menentukan sikap secara definitif.Demikian juga dengan Partai Keadlian Sejahtera yang tidak memiliki kursi di DPR.

Deklarasi Jokowi-JK dikemas dengan suasana kerakyatan.Saat menuju gedung KPU untuk mendaftar keduanya mengendarai sepeda onthel.Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Hanura menghadiri rangkaian acara itu.

Jokowi-JK mengenakan baju putih dipadu celana hitam diiringi isteri masing-masing yaitu Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla.Dalam pendeklarasian itu Jokowi dan JK bersama sama menyanyikan lagu "Indonesia Raya" .

"Kami punya keyakinan Insya Allah kami berdua akan akan membawa gerakan perubahan di negara yang kita cintai ini," kata Jokowi.

Pasangan ini lantas bersama-sama mencium bendera Merah Putih di atas panggung kemudian mengikuti doa bersama.(dbs/pls/jitro/tulus)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini