Jakarta, BeritaRayaOnline,- - Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian akan menggelar Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke 14 tahun 2014 di Kabupaten Malang Jawa Timur.

Acara yang diselenggarakan selama empat tahun sekali di hadiri kurang lebih 35 ribu orang peserta petani dan nelayan.
Tujuan dari Penas tersebut kata Menteri Pertanian Suswono, guna meningkatkan pelaku utama dan usaha pertanian sebagai media informasi teknologi dan pengalaman petani peyuluh penelitian dan ajang promosi.
Dengan demikian akan membangkitkan semangat kemandirian pembangunan perikanan dan kehutanan.

 "Penas membangkitkan semangat berkontribusi pertanian. Tema penas memantapkan kemandirian rangka pengembanggan kemitraan guna wujudkan kesejahteraan petani nelayan," kata Menteri Pertanian Suwono di Jakarta Senin (19/5/2014).
Selain itu lanjutnya, Penas akan berkesempatan mengisi penguatan agribisnis motivasi dan  meningkatkan pendapatan petani dan nelayan.
Kegiatan Penas tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Dan pada kesempatan tersebut presiden juga akan memberikan penghargaan pada para gubernur, bupati atau walikota, kepala dinas, penyuluh, petani yang berprestasi dalam mendukung keberhasilan program pembangunan petani.
"Pemberiaan penghargaan juga akan di berikan oleh Kelompok KTNA Nasional kepada Presiden RI berupa, Lencana Adi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama, atas dedikasi dan keberpihakannya terhadap pembangunan pertanian terutaman dalam keberpihakan kepada petani nelayan dalam upaya meningkatkan martabat petani, nelayan, sebagai pelaku utama dalam pembangunan petani, kehutanan dan perikanan," kata Ketua KTNA Winarno Tohir.
Penas sendiri lanjut Winarno,  akan di laksanakan pada tanggal 7 hingga 12 Juni 2014 di Stadion Kanjuruhan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur.(infopublik.com/lasman simanjuntak)