Ads


» » » Mentan :Pasokan dan Persediaan Cabai dan Bawang Jelang Puasa Aman


Teks Foto  :Menteri Pertanian Suswono (Foto : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Bogor, BeritaRayaOnline,-Menteri Pertanian Suswono mengatakan pasokan dan persediaan cabai dan bawang menjelang Puasa aman.

Menurut Menteri pertanian Suswono, produksi masih melimpah pada dua komoditas tersebut.

 "Data produksi bagus akan aman untuk menyuplai kebutuhan cabai dan bawang pada bulan Ramadan dan Lebaran," kata Suswono dalam diskusi dengan Forwatan (Forum Wartawan Pertanian) di Bogor, Minggu (18/5/2014).

Suswono menganjurkan kepada masyarakat untuk menanam cabai pada pekarangan masing-masing. Jadi tidak mengandalkan produksi petani dari sentra cabai.

Alasannya, lanjut Suswono, tanam cabai hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk panen. Sehingga mulai sekaranglah waktu menanam cabai baik pada petani maupun masyarakat guna memenuhi kebutuhan cabai dan bawang pada Ramadan nantinya.

"Kita menjadikan perempuan untuk optimalisasi tanam cabai di polibag pada perkotaan jika mau nanam enggak perlu kawatir pas dua bulan panen," jelanya.

Sementara itu, saat musim panen cabai dan bawang, Kementerian Perdagangan harus jeli melihat situasi tersebut. Sebab menurut Suswono, kalau impor pasca panen akan menganggu pasar domestik.
 "Impor kemarin itu pada saat suplai kurang, kelihatan perdagangan memberikan izin. Ketika panen izinkan datang, seharusnya kemendag jeli. Ketika panen ya paling tidak kurangi impor," ucapnya(dbs/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini