Ads


» » Ketua Umum KTNA Kementan : Pohon Gaharu Punya Banyak Manfaat !

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Selain bernilai jual tinggi, pohon gaharu punya banyak manfaat. Pohon gaharu ternyata paling gampang dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) atau hama.

"Pengendalian OPT gaharu gampang sekali. Karena OPT tanaman ini nggak banyak seperti tanaman hortikultura, dan pangan, pohon gaharu OPT nya kecil sekali," kata Ketua Umum Kontak Tani Nelayan dan Andalan (KTNA) Kementerian Pertanian, Winarno Tohir, Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Selain itu, biaya operasional menanam gaharu sangat murah, tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Biaya tanaman per pohon tidak lebih dari 250 ribu, itu pun sudah termasuk pestisidanya.

"Pupuknya sampai masa tanamnya 5 tahun, tinggal nunggu dipanen saja. Jika petani tidak mempunyai lahan (keterbatasan lahan), mereka tidak perlu khawatir karena gaharu masih bisa ditanam di lahan yang sempit," jelasnya.

Petani yang punya lahan sempit bisa menanam gaharu 5 sampai 10 pohon. Meskipun sedikit, tidak masalah karena akan menjadi tabungan petani.

"Pohonnya bisa patungan. Misalnya begini, jika seorang petani tanam 10 pohon di tiap lahannya, petani lainnya tanam 10 pohon juga di lahannya yang sempit, nanti waktunya panen para petani mengumpulkan hasil gaharu dan di jual bersama-sama. Kan jadi banyak, jadi nggak usah lahan luas bisa tanam gaharu," terang Winarno.

Menurut Winarno, Gaharu juga bisa dikatakan deposito petani. Karena bila petani menanam gaharu, selama 5 tahun dia bisa mendapat hasilnya seperti deposito di bank.

"Jangan takut rugi karena menanam gaharu ada jaminannya. Nanem gaharu lebih untung dari pada didepositokan," ungkapnya.(merdeka.com/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini