Ads


» » » Kepala BMKG : Mei Sudah Masuk Musim Kemarau !

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyatakan Mei sudah memasuki musim kemarau sehingga intensitas hujan mulai berkurang.

"Ini masuk Mei sudah masuk dalam musim kemarau hujannya akan berkurang," ujar Kepala BMKG Andi Eka Sakya di kantor BMKG Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (2/5/2014).

Adapun masih turunnya hujan pada akhir-akhir ini, menurut Andi, merupakan bagian musim pancaroba yang bisa dilihat dari cuaca pagi hari panas, sore mendung disertai angin kencang, disusul hujan deras di mana-mana.

Meskipun cuaca seperti itu akan mulai berakhir namun perlu disadari bahwa munculnya titik banjir di Jakarta khususnya tidak lepas dari pengaruh iklim yang semakin berubah.

Selain itu daya serap tanah semakin rendah sehingga gorong-gorong dan saluran air harus mendapat perhatian dari warga masyarakat maupun pemerintah daerah.

Andi menjelaskan rasio daya serap tanah dari 1 liter air hujan cuma 0,2 liter yang diserap. Sisanya 0,8 liter air lari lewat saluran air dan gorong-gorong.

"Permukaan tanah harus disadari daya serapnya semakin rendah hanya 20%. Dari satu liter air hujan yang terserap hanya 0,2 liter, gorong-gorong harus diperhatikan," jelasnya. (dbs/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini