Ads


» » » Kementerian Pertanian Kembali Salurkan Sapi ke Provinsi Kalimantan Timur

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Kementerian Pertanian (Kementan) kembali bagi-bagi sapi ke Kalimantan Timur. Sebanyak 504 ekor disalurkan Kementan ke Kalimantan Timur.

"Pemberian sapi dan kerbau bakalan memang diarahkan untuk pengembangan," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, Dadang Sudarya,  Senin (26/5/2014).

Dari bantuan 504 sapi tersebut, jumlah betina diperbanyak. Sehingga diharapkan sapi-sapi betina ini bisa melahirkan tiap tahun supaya populasinya cepat meningkat.

Dukungan dari pemerintah pusat ini dimaksudkan agar masing-masing daerah ke depannya dapat melancarkan swasembada daging.

"Apabila semua daerah swasembada, maka dengan sendirinya secara nasional juga akan mampu swasembada daging," ungkapnya.

Selama ini, Kaltim masih mendatangkan daging sapi dan kerbau dari daerah lain karena peternak setempat belum mampu mencukupi permintaan warga. Sehingga bantuan dari pusat ini diharapkan ke depannya dapat menambah populasi ternak dengan lebih cepat.

Rincian dari 504 sapi dan kerbau bantuan pusat itu adalah untuk satu kelompok ternak di Kabupaten Malinau yang mendapat bantuan budidaya sapi potong sebanyak 28 ekor, terdiri dari tiga jantan dan 25 betina.

Kemudian satu kelompok ternak di Kabupaten Nunukan juga mendapat bantuan 28 ekor sapi potong, terdiri dari tiga ekor jantan dan 25 ekor betina.

"Bantuan untuk dua kelompok itu merupakan program Pengembangan Budidaya," jelasnya.

Bantuan lainnya adalah dari program Fasilitasi Daerah Perbatasan, yakni sapi potong untuk sejumlah kelompok ternak yang bermukim di kawasan perbatasan Kaltim dengan Malaysia bagian timur.
Di Kaltim terdapat tiga kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yakni Kabupaten Nunukan, Malinau, dan Kabupaten Kutai Barat.

Rinciannya adalah untuk enam kelompok ternak di Kabupaten Nunukan yang akan menerima 174 ekor sapi potong bakalan, terdiri dari 18 ekor jantan dan 156 ekor betina.

Kemudian untuk lima kelompok ternak di Kabupaten Malinau yang akan menerima 145 ekor sapi potong bakalan, terdiri dari 15 ekor jantan dan 130 betina.

Selanjutnya, bantuan untuk lima kelompok ternak di Kabupaten Kutai Barat dengan jumlah 145 ekor sapi potong bakalan, yakni 15 ekor jantan dan 130 ekor betina.

Sedangkan untuk pengembangan budidaya kerbau hanya terdapat satu kabupaten yang mendapatkannya, yakni Kutai Kartanegara dengan satu kelompok ternak. Mereka segera mendapat 28 kerbau bakalan, terdiri tiga ekor jantan dan 25 ekor betina.(merdeka.com/antaranews.com/lasman)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini