Ads


» » » Kementerian Pertanian Gandeng TNI-AD Perluas Areal Tanam Kedelai

Teks Foto  : Menteri Pertanian Suswono (Foto  : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Subang, BeritaRayaOnline.Com,-Kementerian Pertanian (Kementan) akan memperluas areal tanam kedelai seluas 340.000 ha pada 2014. Untuk merealisasikan rencana ini, Kementan menggandeng TNI AD.

"Kerja sama Kementan dengan TNI AD ini merupakan salah satu upaya untuk peningkatan produksi dan produktivitas target swasembada kedelai," kata Menteri Pertanian Suswono.

Hal itu ia sampaikan dalam acara yang dihadiri Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Gatot Irianto serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan, Kamis (15/5/2014).

Menurut Suswono, kegiatan tersebut akan dilakukan di 15 provinsi dan 115 kabupaten. Saat ini kebutuhan kedelai nasional mencapai 1,9 juta ton biji kering. Namun, kemampuan produksi baru mencapai 807.568 ton atau 42,50 persen dari kebutuhan pada 2013.

"Target pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan komoditas kedelai," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Suswono, diperlukan berbagai upaya untuk memenuhi target tersebut. Strategi yang dilakukan Kementan yakni peningkatan produktivitas, perluasan areal tanam, optimasi pengelolaan lahan dan penyempurnaan manajamen.

"Terkait kerja sama perluasan areal tanam diharapkan TNI AD dapat melakukan pengawalan dan pendampingan bersama petugas teknis pertanian di lapangan hingga tanaman kedelai berhasil dengan baik,"jelasnya.

Sementara itu, untuk mendukung perluasan areal tanaman kedelai tersebut, Provinsi Jawa Barat siap berkontribusi seluas 78.100 ha. Perluasan dilakukan khususnya di empat kabupaten di wilayah pantura seluas 22.400 ha meliputi Indramayu, Cirebon, Subang dan Karawang.

"Dengan kontribusi luasan areal tersebut diharapkan Jawa Barat mampu menyumbang produksi kedelai sebanyak 146,8 ribu ton biji kering," imbuhnya.

Menurut Suswono, kerja sama Kementan dengan TNI AD selama ini tidak terbatas pada perluasan areal tanaman kedelai. Namun yang telah dikembangkan yakni pencetakan sawah baru, optimasi lahan, perbaikan dan pengembangan sarana irigasi.

"Kerja sama Kementan dengan TNI sangat produktif sehingga perlu terus ditingkatkan di masa mendatang baik jenis kegiatan maupun luas arealnya,"katanya.

Selain itu, pihaknya mengharapkan Panglima TNI dapat memperluas kerja sama tak hanya dengan TNI-AD namun juga ke semua jajaran TNI. Terutama dalam mewujudkan ketahanan pangan.
(dbs/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini