Ads


» » » Capres Jokowi Terima Segenggam Lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo

Sidoarjo, BeritaRayaOnline,-Segenggam lumpur dari jutaan kubik yang meluap di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sampai ke tangan Joko Widodo. Saat mengunjungi lokasi luapan lumpur Lapindo, Kamis (29/5/2014), warga memberikan segenggam lumpur untuk Jokowi.

Jokowi yang mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak itu menerima lumpur tanpa ragu di depan ribuan warga yang telah menunggu Jokowi sejak pagi. Tangan kanan Jokowi pun kotor akibat lumpur tersebut.

Warga korban luapan lumpur mengibaratkan lumpur di tangan Jokowi tersebut sebagai janji dan komitmen pria yang menjadi Calon Presiden (Capres) tersebut akan keberpihakannya kepada korban lumpur PT Lapindo Brantas.

"Kami adakan kontrak politik dengan Jokowi. Pertama, mewujudkan kartu Indonesia pintar, kedua kartu Indonesia sehat, ketiga bukan menggusur tapi menggeser dan menata, keempat beri dana talangan untuk korban lumpur Lapindo, kelima beri lapangan pekerjaan," ujar pembawa acara dengan menggebu-gebu.

Serempak, ribuan warga yang berjejer di tepi tanggul luapan lumpur tersebut bertepuk tangan sambil bersorak-sorai. Mereka juga meneriak-neriakkan "Jokowi presiden".

"Saya sudah melihat sendiri lumpur Lapindo ini. Dalam posisi ini, negara harusnya hadir sebagai representasi kedaulatan rakyat," ujar Jokowi saat memberikan kata sambutan.

Saat memberikan sambutan, tangan kanan Jokowi sudah tampak bersih dari noda lumpur. Tak pasti kapan dia membersihkan tangannya tersebut. "Kalau negara saja absen, artinya negara sudah melupakan rakyat. Sudah jelas kan?" sambungnya.

Pada akhir kunjungannya yang tidak lebih dari 45 menit tersebut, Jokowi menyempatkan diri menandatangani kontrak politik yang dibuat warga setempat. Tanpa berbicara banyak kepada wartawan soal detail kontrak politik itu, Jokowi bertolak dari lokasi luapan lumpur.


Ribuan Masyarakat

 Ribuan masyarakat berjajar menyambut kedatangan capres Joko Widodo di lokasi semburan lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo Jawa Timur, Kamis (29/5/2014).


Jokowi dengan mengenakan kemeja kotak-kotak tiba di Porong hari ini Kamis (29/5/2014) pukul 15.45 WIB langsung disambut barisan warga yang merupakan korban lumpur Lapindo. Hari ini tepat delapan tahun lalu kawasan tersebut keluar semburan lumpur yang hingga sekarang terus berlangsung.

Cukup sulit mantan Walikota Solo itu menembus lautan manusia yang berjajar dari Jl. Porong-Sidoarjo menuju tanggul. Pengawal pribadi harus bekerja keras berjibaku dengan warga yang menunggu sejak pagi tepatnya pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, warga yang sudah menanti di atas tanggul memanjatkan sholawat nabi untuk capres yang diusung PDI-P, Nasdem, PKB, Hanura dan PKPI tersebut. Ketika Jokowi sampai di atas tanggul langsung melihat karya patung-patung penyintas yang merupakan patung survival korban bencana Lapindo.

Patung itu menengadahkan tangan dengan memegang aneka macam barang yang mewakili aktivitas masyarakat Porong dan Gempol yang terkubur akibat lumpur Lapindo. Panitia juga menyerahkan segenggam lumpur sebagai wujud keprihatinan warga yang sudah sewindu menelan pahitnya bencana lumpur.(kompas.com/bisnis.com/jitro/nelson/flora kolondam/pls)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini