Ads


» » » Anggaran Bina Marga untuk Jalur Pantura Tahun Ini Mencapai Rp 1,8 Triliun

Teks Foto   :Direktur Jenderal Bina Marga , Kementerian Pekerjaan Umum Ir.Djoko Murjanto (Foto :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Cirebon, BeritaRayaOnline,-Tahun ini karena ada bencana banjir bandang maka untuk pekerjaan perbaikan jalur Pantura ada tambahan biaya antara Rp 5OO miliar sampai Rp 6OO miliar.Sehingga tahun anggaran ini pekerjaan jalur Pantura sepanjang 13OO kilometer Ditjen Bina Marga menganggarkan dana Rp 1,8 triliun.

Demikian dikatakan oleh Ir.Djoko Murjanto, Dirjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum kepada wartawan di Cirebon, Senin sore (19/5/2O14).

"Biasanya tiap tahun anggaran jalur Pantura sepanjang 13OO kilometer Ditjen Bina Marga hanya menganggarkan dana Rp 1,2 triliun sampai Rp 1,3 triliun.Namun, karena tahun ini ada bencana banjir bandang, maka ada tambahan biaya, misalnya ,untuk pekerjaan konstruksi bongkar drainase karena jebol dan ambles.Tahun ini ada tambahan anggaran Rp 5OO miliar sampai Rp 6OO miliar di 13OO kilometer jalur Pantura, sehingga total anggaran Rp 1,8 triliun bersumber dari anggaran internal Bina Marga," jelasnya.

Menyinggung tentang beban jalur Pantura yang makin berat belakangan ini terutama karena angkutan berat melebihi muatan atau tonase lebih dari 12 ton, Dirjen Bina Marga Ir.Djoko Murjanto  menjelaskan ke depan direncanakan angkutan barang dan lalu lintas di jalur Pantura akan beralih ke jalan tol Trans Jawa.

"Proyek jalan tol Cikampek sampai Palimanan dapat berfungsi Lebaran tahun 2O15.Nantinya 6O persen traffik lalu lintas Pantura bisa masuk ke jalan tol tersebut," katanya.

Begitu pula angkutan kereta api (KA) double track kontainer bisa diangkut jaringan kereta api (KA).Selain itu  ada pula transportasi laut dan udara.

"Kontribusi antar moda ini sangat diperlukan.Sebab sekarang ini jalur Pantura menanggung 9O persen jalur transportasi.Ini saya rasa tidak sehat," kata Dirjen Bina Marga Ir.Djoko Murjanto.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini