Ads


» » » Penyakit Infeksi Malaria Dapat Serang Semua Orang

Jakarta, BeritaRayaOnline,-Malaria adalah penyakit infeksi disebabkan oleh parasit plasmodium yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia yang ditularkan oleh nyamuk malaria ( anopheles) betina. Malaria dapat menyerang semua orang, laki-laki ataupun perempuan, dan pada semua golongan umurseperti bayi anak-anak maupun orang dewasa.

Jenis malaria adalah malaria falsiparum disebabkan oleh plasmodium falciparum dengan gejala demam timbul intermiten dan dapat terus menerus. Jenis malaria ini paling sering menjadi malaria berat yang menyebabkan kematian. Malaria vivaks disebabkan oleh plasmodium vivax. Gejala demam berulang dengan interva bebas demam dua hari. Telah ditemuukan juga kasus malaria berat yang disebabkan oleh plasmodium vivax.

Selanjutnya malaria ovale disebabkan oleh plasmodium ovale. Manifestasi klinis biasanya bersifat ringan. Pola demam seperti malaria vivaks. Malaria malariae, disebabkan oleh plasmodium malariae. Gejala demam berulang dengan interval bebas demam 3 hari. Malaria knowlesi  disebabkan oleh plasmodium knowlesi, gejala demam menyerupai malaria falsiparum.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Prof.dr.Tjandra Yoga Aditama didampingi Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Dari Binatang dr.Andi Muhadir dalam temu media mengenai Hari Malaria Sedunia 2014 di Jakarta, Selasa siang (22/4/2014) menjelaskan malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria (anopheles sp) betina yang mengandung parasit malaria kepada orang yang sehat.

Gejala malaria, menggigil berkeringat dan dapat disertai sakit kepala, mual, muntah, diare, dan nyeri otot atau pegal-pegal (gejala lokal spesifik)."Penyakit malaria menyerang orang yang tinggal dan pernah bermalam di daerah endemis malaria. Pada daerah endemis ini terdapat vektor malaria atau anopheles sp dengan tempat perindukkan di lingkungan seperti genangan air, rawa, lagooon, dan pantai," jelasnya.

Bahaya dari malaria adalah anemia yaitu pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi lahir mati, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir dengan anemia dan ibu hamil dapat meninggal."Anemia juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.Mudah terkena infeksi penyakit lain, daya kerja menurun, dan dapat menjadi bodoh karena pertumbuhan otak terganggu. Manifestasi malaria berat dapat berupa demam tinggi, penurunan kesadaran, koma, pendarahan spontan, kegagalan multi organ sampai menyebabkan kematian," ujarnya.

Di Indonesia pada 2012 terdapat 417.819 kasus positif malaria dan menurun pada 2013 menjadi 343.527 kasus.Dari seluruh kasus di Indonesia hampir 80 persen kasus berasal dari provinsi Papua, Papua Barat NTT, Maluku, dan Maluku Utara. Indonesia sepakat untuk mengeleminasi malaria secara bertahap dengan menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 293/Menkes/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia perihal pedoman pelaksanaan program eliminasi malaria di Indonesia.

Bagaimana carayang paling aman untuk terhindar dari malaria?
(a) menghindari atau mengurangi gigitan nyamuk malaria dengan tidur di dalam kelambu berinsektisida atau long lasting insectiside net (LLIN) .Pada malam hari berada di dalam rumah,mengolesi tubuh dengan obat anti gigitan nyamuk atau repellent, memakai obat nyamuk bakar atau menyemprot dengan obat nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela atau ventilasi, dan menjauhkan kandang ternak dari tempat tinggal.

(b) Membersihkan tempat-tempat hinggap/istirahat nyamuk dan memberantas sarang nyamuk malaria dengan membersihkan rumput dan semak di tepi saluran air melipat kain-kain yang bergelantungan, mengusahakan keadaan di dalam rumah tidak ada tempatyang gelap dan lembab dengan memasang genting kaca dan membuka kaca, membersihkan semak-semak di sekitar rumah, mengalirkan genangan-genangan air, serta menimbun dengan tanah atau pasir semua genangan air di sekitar rumah.

(c) Membunuh nyamuk dewasa dengan menyemprot rumah dengan racun serangga (insektisida), membunuh jentik nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik, membunuh jentik nyamuk dengan menyemprot obat anti larva (jentik) pada genangan air, serta melestarikan hutan bakau di rawa-rawa sepanjang pantai.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini