Ads


» » » MKDKI akan Bersinergi dengan Medical Disciplanary Board Negara Asean Hadapi AFTA 2O15

Teks Foto  :Pertemuan majelis kehormatan disiplin kedokteran tingkat Asean atau The 1 st Asean Medical Disciplinary Board Meeting berlangsung di Hotel Bidakara di Jakarta pada 27-28 April 2014. (Foto  : Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline)

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) akan bersinergi dengan Medical Disciplanary Board negara-negara Asean dalam melaksanakan AFTA 2O15 bidang jasa pelayanan kesehatan untuk penanganan penegakan disiplin kedokteran.

Demikian dikatakan oleh Prof.Ali Baziad, Ketua MKDKI DKI Jakarta kepada wartawan di Hotel Bidakara,Jakarta, Senin siang (28/4/2O14) sehubungan dengan pertemuan majelis kehormatan disiplin kedokteran tingkat Asean (The 1 st Asean Medical Disciplinary Board Meeting).

"Tahun 2O15 mulai diberlakukannya AFTA atau Asean Free Trade Area artinya dibuka pasar bebas dalam berbagai bidang termasuk bidang jasa layanan kesehatan untuk negara Asean.Dengan demikian dokter asing dapat masuk ke Indonesia untuk melakukan praktik kedokteran begitu juga sebaliknya," jelasnya.

Menurutnyan dalam hal ini Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) berupaya menyelenggarakan pertemuan Medical Disciplinary Board yang pertama kali di Asean.Dengan tujuan mengindentifikasi sistem penanganan dan penegakan disiplin kedokteran/kedokteran gigi di negara-negara Asean.Pertemuan ini diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada 27-280 April 2O14 dan dilanjutkan dengan pertemuan pada 29 April 2O14 bertepatan dengan ulangtahun Konsil Kedokteran Indonesia.

Dijelaskan lagi oleh Prof.Ali Baziad, Ketua MKDKI DKI Jakarta, negara Asean yang bersedia hadir dalam pertemuan ini adalah Filipina, Malaysia,Vietnam,Thailand,Kamboja, dan Myanmar ,dan Timor Leste sebagai negara pengamat serta Indonesia sebagai tuan rumah.Delapan negara ini akan diberi waktu untuk memaparkan hal-hal yang terkait dengan cara penanganan disiplin kedokteran.


"Kemudian masalah-masalah apa yang dihadapi oleh masing-masing negara dalam menangani disiplin kedokteran serta upaya atau solusi apa yang diambil dalam menghadapi setiap permasalahan tersebut,"katanya.

Dengan adanya kegiatan tersebut maka akan terjalin hubungan yang baik dan akrab dengan negara negara Asean dan diharapkan pertemuan ini dapat memperkuat jaringan di antara lembaga disiplin kedokteran (Medical Disciplanary Board).

Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) adalah lembaga negara yang berwenang untuk (1) menentukan ada atau tidaknya kesalahan yang dilakukan oleh dokter/dokter gigi dalam penerapan disiplin ilmu kedokteran/kedokteran gigi,dan (2) menetapkan sanksi disiplin bagi dokter/dokter gigi yang dinyatakan bersalah.Pelanggaran disiplin kedokteran terjadi apabila dokter/dokter gigi (a) melakukan praktik dengan tidak kompeten (b) tidak melakukan tugas dan tangggungjawab profesinya dengan baik (dalam hal ini tidak mencapai standar -standar dalam poraktik kedokteran) (c) berprilaku tercela yang merusak martabat dalam kehornatan profesinya.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini