Ads


» » » Menkes : Jangan Sampai Satupun Bayi Lahir Terinfeksi HIV

Jakarta,BeritaRayaOnline-Menteri Kesehatan dr.Nafsiah Mboi, Sp A benar-benar mengharapkan kalau bisa jangan satupun bayi lahir terinfeksi HIV.

"Kami pesan kepada para laki-laki supaya bertanggungjawab.Laki-laki jauhi narkoba suntik dan seks beresiko," katanya pada acara temu media di Jakarta, Kamis siang (24/4/2O14), sehubungan menyambut Hari Kartini terkait HIV dan AIDS pada wanita .

Pada kesempatan itu Menkes juga berpesan kalau suami sudah terlanjur terinfeksi HIV, minta ditest. Isteri juga minta ditest.

"Kalau ternyata suami positip terinfeksi HIV, dan isteri setelah ditest ternyata negatif, maka kalau mau melakukan hubungan seks harus pakai kondom.Sebab kalau tidak pakai kondom bisa saling menyumbang virus HIV.Isteri hamil, maka tunda dulu kehamilan sampai isteri kondisi sehat.Kalau isteri hamil positip pakai ARV, diberikan kepada sang ibu supaya bayi tidak terinfeksi HIV," jelasnya.

Menteri Kesehatan dr.Nafsiah Mboi, Sp A minta sekali lagi jangan sampai satupun bayi lahir terinfeksi HIV

."Kita sudah bisa cegah bayi terinfeksi HIV dengan ARV gratis, sehingga tingkat kematian bisa menurun.Pesan saya sekali lagi kalau sudah positip HIV dalam hubungan seks pakailah kondom, dan kalau pemakai narkoba jarum suntik pakailah jarum suntik steril.Ingat, HIV dan AIDS bisa menular seumur hidup, harus segera dihentikan penularan HIV dan AIDS ini," katanya seraya minta sungguh-sungguh agar media massa ikut meng-kampanyekan pencegahan HIV/AIDS ini.

Perkembangan epidemi HIV untuk Laki-Laki Sama Laki-Laki (LSL) pada 2OO7 5,3, tahun 2O11 sebesar 12,4 meningkat jadi 134 persen.Sementara Laki-Laki Beresiko Tinggi (LBT) tahun 2OO7 O,1 , tahun 2O11 sebesar O,7 meningkat 6OO persen.

"Survey ini dilakukan di 2O kota.Pengguna narkoba suntik turun 19 persen, sedang wanita penjual seks atau WPS dari 4 persen, turun menjadi 3 persen," ujar Menkes.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini