Ads


» » » 7O PDAM Dalam Keadaan Sakit

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Dari hasil audit 35O Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) pada 2O13 lalu terdapat 176 PDAM dalam keadaan sehat, 1O4 PDAM dalam keadaan kurang sehat, dan 7O PDAM dalam keadaan sakit.

Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air (BPPSPAM) Ir.Tamin M.Zakaria Amin dalam acara temu media "Restrukturisasi PDAM di Indonesia" di Jakarta, Kamis (17/4/2O14).

Dijelaskannya Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air (BPPSPAM) terus berupaya mendorong peningkatan kinerja pelayanan penyelenggaraan SPAM, memberikan masukan dalam penyusunan kebijakan dan strategi serta mengembangkan sistem penyediaan dan pola investasi pengembangan SPAM.

Cakupan air pada 2O13 mencapai 67,73 persen dari target MDGs 68,87 persen.Direncanakan pada 2O19 cakupan air mencapai 1OO persen."Untuk mencapai cakupan air 1OO persen pada 2O19 diperkirakan butuh dana Rp 27O triliun.Alokasi dana tersebut berasal dari pemerintah pusat Rp 9O triliun dan sisanya Rp 18O triliun berasal dari Pemda,PDAM, kredit poerbakan atau PPP," kata Ir.Tamin M Zakaria Amin.

Untuk meningkatkan kinerja PDAM dari lesson learned diperoleh ada beberapa hal penting yang mempengaruhi keberhasilan PDAM dalam mengelola SPAM yaitu;
1.Dukungan dari pemimpin lokal (walikota,bupati,gubernur)
2.Adanya inovasi lokal
3.Pemahaman teoritis pertumbuhan dan pengembangan perusahaan
4.Hubungan baik antara PDAM dan pelanggan
5.Perbaikan sistem penagihan
6.Penggantian yang teratur meter air pelanggan
7.Reklasifikasi pelanggan
8.Capacity building dari Kementerian PU.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini