Ads


» » » Tuberkulosis (TB) Masih Merupakan Masalah Kesehatan Global

Hotel Sultan,Jakarta,BeritaRayaOnline.Com-,Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) yang juga Ketua 2nd Forum Arifin Panigoro mengatakan tujuan pertemuan ini adalah untuk berbagai informasi tentang situasi terkini,pelaksanaan dan tantangan dalam upaya melibatkan kemitraan yang luas dalam program penanggulangan TB.

Memberikan kata sambutan pada pembukaan pertemuan 2nd Forum Stop TB Partnership Kawasan Asia Tenggara,Pasifik Barat,dan Mediterenia Timur di mana Indonesia sebagai tuan rumah berlangsung di Hotel Sultan di Jakarta,Senin pagi (3/3/2O14).

"Sedangkan hasil pertemuan adalah aksi strategis di tiap negara dengan diterbitkannya kebijakan atau peraturan tentang penanggulangan TB dari pimpinan tertinggi di negara masing-masing dan menyepakati untuk melibatkan sektor swasta seperti sarana kesehatan dan mitra bisnis dalam program penanggulangan TB," kata Arifin Panigoro.

Ketua FSTPI ini menambahkan menurut laporan WHO 2O12, Tuberkulosis (TB) masih merupakan masalah kesehatan global.Diperkirakan 8,6 juta orang terjangkit TB dan 1,3 juta orang diantaranya meninggal (termasuk 32O ribu kematian diantaranya adalah orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Dari jumlah tersebut sekitar 58 persen dari seluruh TB di dunia berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Pasifif Barat.Hal ini dikarenakan sebagian besar negara yang memiliki beban TB tertinggi berada di kawasan Asia Tenggara, Pasific Barat, dan Mediterania Timur.

Karena besarnya tantangan TB global pada 2OOO pertemuan the World Health Assembly (WHA) mengesahkan dibentuknya global partnership yang dinamakan Stop TB Partnership dengan tujuan untuk menghilangkan ancaman penyakit TB bagi kesehatan secara global.

Stop TB Partnership melibatkan sekitar 1OOO organisasi/mitra yang memiliki komitmen untuk mencapai tujuan yang sama.Mitra dibagi dalam kelompok kerja yang lebih spesifik yaitu ekspansi directly observe treatment short course (DOTS),TB/HIV,TB Multi Drug Resistance (MDR), pengembangan obat anti TB, pengembangan Vaksin TB, pengembangan diagnostik TB, dan upaya meningkatkan layanan dan kualitas laboratorium secara global.

Forum Stop TB Partnership Indonesia melibatkan sekitar 48 organisasi dan 8 perorangan yang dikelompokkan menjadi 9 kelompok yaitu pemerintah, organisasi masyarakat madani, mitra internasional,swasta,akademisi, institusi pelayanan kesehatan, ikatan profesi, mahasiswa dan perorangan.Organisasi dibagi dalam 5 kelompok kerja yaitu komunikasi puib lik,advokasi,layanan klinik. Komunitas dan mobilisasi sumber daya.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini