Ads


» » » Mentan Suswono : Daya Saing Indonesia Menempati Posisi Nomor Urut Keenam

Jakarta,BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Pertanian Suswono menyatakan daya saing Indonesia menempati posisi nomor urut keenam.

Menurut Suswono, Indonesia masih berada di bawah negara ASEAN lainnya. "Saat ini posisi daya saing kita masih nomor 6 di ASEAN, masih rendah. Untuk itu yang ada ini bisa dimanfaatkan betul, agar masuk Desember 2015 bisa meningkatkan sisi posisi daya saing kita," ujar Suswono pada pembukaan Gelar Teknologi Hasil Pertanian di Kementan, Rabu (19/3/2014).

Caranya meningkatkan daya saing, lanjut Suswono petani kecil harus mau menerapkan teknologi sebagai upaya meningkatkan daya saing lokal. Penerapan inovasi teknologi harus sudah terimplementasi di lapangan.

"Tentu saja kami berharap agar inovasi teknologi yang sudah diciptakan betul-betul diimplementasikan di lapangan. Terutama teknologi tepat guna, terutama yang bisa dimanfaatkan oleh petani-petani yang skala kecil," jelasnya.

Menurut Menteri asal Kabupaten Tegal Jawa Tengah kalau petani tidak segera menerapkan inovasi teknologi akan berdampak pada daya saing produk hasil pertanian. "Saya kira mereka memang kalau kita tidak ada sentuhan teknologi akan semakin memberatkan untuk memiliki daya saing untuk produk-produk dari negara-negar lain," katanya.

Suswono menyebutkan ada petani yang menerapkan inovasi teknologi dengan lahan terbatas dan memadukan ternak. Cara ini mampu menghasilkan jutaan dalam sebulan.

"Satu contoh dengan lahan yang tidak terlalu besar, hanya 800 meter persegi, tapi bisa menghasilkan 50 juta per bulan. Dengan hanya 4 ekor sapi dengan beberap ekor ayam dan kambing di mana semua produknya punya nilai jual," tuturnya.(inilah.com/google.com/lasman)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini