Ads


» » » Menkes Nafsiah Mboi : Muncul Kasus Baru Tuberkulosis Sudah Resisten terhadap Obat-Obatan

Hotel Sultan, Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,-Tuberkulosis (TB) saat ini masih menjadi masalah kesehatan gobal. Untuk berbagi informasi situasi terkini dan pelaksanaan dalam upaya penanggulangan TB diadakan pertemuan 2nd Forum Stop TB Partnership kawasan Asia Tenggara, Pasifik Barat dan Mediterania Timur.

Menteri Kesehatan RI, Dr. Nafsiah Mboi, SpA, M.P.H mengatakan  kita patut bangga karena pertemuan tersebut dilakukan di Indonesia. Menurutnya, pada pertemuan 2nd Forum Stop TB Partnership, Indonesia bisa belajar dari negara-negara yang telah sukses dalam penanggulangan tuberkulosis dengan meningkatkan upaya.

“Akan tetapi, tidak hanya dengan penambahan dana, tetapi juga terutama dengan inovasi-inovasi, penelitian, dan kerja sama yang lebih erat, sehingga betul-betul setiap orang bisa terlindungi, dan mencegah agar jangan sampai terjadi TB,”ujar Nafsiah Mboi pada pertemuan 2nd Forum Stop TB Partnership di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (3/3/2014).

Lebih lanjut, Nafsiah Mboi menjelaskan  saat ini tuberkulosis di Indonesia memang kasusnya sudah menurun, tetapi muncul kasus baru, yaitu tuberkulosis yang sudah resisten terhadap obat-obatan.


“Itu karena penggunaan obat yang tidak tepat, tidak teratur, kepatuhan penggunaan obat tidak teratur, maka bisa terjadi resistensi dan ini obatnya mahal sekali,”tandas Menkes.

Forum Stop TB Partnership Indonesia sendiri akan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 3 sampai 4 Maret 2014. Forum dihadiri oleh 13 negara peserta, yaitu Afghanistan, Bangladesh, Cambodja, China, India, Indonesia, Japan, Nepal, Pakistan, Philippines, South Korea, Thailand, dan Vietnam.



Pada hari pertama ini, forum akan membahas presentasi dari masing-masing negara dan presentasi dari petinggi Global Fund untuk AIDS, TB, dan malaria (ATM). Sedangkan, hari kedua akan dilakukan diskusi kelompok untuk membahas keputusan dan rekomendasi pertemuan dan penutupan. (dbs/lasman simanjuntak)

Foto-foto oleh  :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini