Ads


» » » Wamentan Rusman Heriawan : Indonesia Negara Produsen Sawit Terbesar di Dunia !

Yogyakarta, BeritaRayaOnline.Com,- Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Rusman Heriawan mengatakan, Indonesia merupakan negara produsen sawit terbesar di dunia. Pada 2013, produksi kelapa sawit mencapai 27 juta ton. Diperkirakan hingga akhir 2014 mencapai lebih dari 29 juta ton dengan ekspor lebih dari 15 juta ton.

"Apabila penggunaan biofuel di Indonesia naik menjadi 10 persen, maka Indonesia akan menjadi negara produsen, eksportir dan pengguna sawit terbesar di dunia," katanya dalam Workshop Percepatan Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oli (ISPO) Bagi Eksekutif Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Auditorium Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta, Jumat (28/2/2014).

Perkebunan kelapa sawit ini sangat penting karena mendatangkan lebih dari USD21 miliar per tahun sebagai pendapatan ekspor. Apalagi, sebagian besar para petani menggantungkan hidupnya dari perkebunan sawit. "Kita harus bisa mengatur industri minyak sawitnya dengan baik," ujar dia.

Kebutuhan dalam negeri sangat tinggi untuk pangan dan non-pangan seperti biodiesel. Usaha perkebunan kelapa sawit dinilai sangat penting untuk pendapatan keuntungan.

Menurutnya, Indonesia harus mengatur industri minyak sawit sendiri, di samping sebagai negara hukum, maka ketentuan dari negara wajib diterapkan bagi warga negara Indonesia maupun bagi warga negara lain yang berusaha di negara ini.

Seperti usaha dibidang perkebunan maupun industri sawit. Semua ini berkaitan dengan peraturan perdagangan dunia. Workshop ini untuk memberikan pemahaman peran strategis ISPO dalam bisnis produk kelapa sawit dan membangun komitmen perusahaan dalam sertifikasi ISPO.

Seperti diketahui, ISPO sudah ada sejak Maret 2011 dan sudah berlaku sejak 1 April 2011. Sejak penerapannya sudah ada 40 perusahaan yang disertifikasi ISPO, dan 11 Lembaga Serifikasi (LS) telah ditunjuk untuk melaksanakan sertifikasi ISPO.

Sementara, 73 perusahaan lainnya saat ini sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi ISPO. "Sampai akhir 2014, ditargetkan seluruh perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah bersertifikasi ISPO," pungkas dia.(sindonews.com/lasman simanjuntak)
Foto oleh :Biro Umum dan Humas Kementerian Pertanian

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini