Ads


» » » Pertemuan Mentan-Mendag : Berkomitmen Bekerja Sama Dalam Stabilisasi Harga Pangan !

Jakarta,BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, bertemu dengan Menteri Pertanian Suswono, di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (25/2/2014). Dalam pertemuan itu, mereka berkomitmen untuk bekerja sama dalam stabilisasi harga pangan.

"Kedatangan Menteri Perdagangan ini bertujuan untuk mengintegrasikan kebijakan antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, membenahi daya saing komoditi, pemanfaatan resi gudang dan membenahi transportasi barang, agar jangan sampai transportasi ini membebani harga barang semakin tinggi," kata Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, usai pertemuan.

Suswono menambahkan, pertemuan tersebut juga untuk membenahi dan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan.

"Ketika produksi tidak memenuhi kebutuhan, tentu ada waktu yang tepat untuk melakukan impor dengan jumlah yang tidak mendistorsi pada harga ditingkat di petani dan konsumen," ucapnya.

"Dalam waktu yang singkat ini, 7-8 bulan, kami ingin mengoptimalkan peran dari kedua kementerian, khususnya dalam upaya menjaga stabilitas harga. Oleh karena itu, kami ingin sama-sama membenahi data, baik produksi maupun kebutuhan," kata Suswono.

Dia mengatakan bahwa pembenahan data tersebut, berupa mengintegrasikan data Kementerian Perdagangan dengan data Kementerian Pertanian terkait dengan komoditas-komoditas yang memungkinkan adanya fluktuasi harga, seperti bawang merah dan cabai.

"Dengan integrasi data yang ada, tidak ada distorsi harga. Bisa kami pastikan akurat datanya, supaya impor bisa pas dengan kebutuhan," kata dia.

Kemudian, menteri dari politisi PKS itu juga mengatakan bahwa keduanya sepakat agar realisasi impor juga sesuai dengan jadwal yang ada. "Menjaga kebutuhan dan harga yang stabil yang relatif bisa terjangkau oleh konsumen," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Pertanian Suswono melanjutkan, hal yang terpenting dalam menjaga stabilitas harga pangan adalah dukungan transportasi. Untuk itu, kedua menteri ini juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

Ia pun juga menyebut fasilitas Kementerian Perdagangan yang berupa resi gudang juga akan dimanfaatkan untuk stablitas harga pangan. "Ada pemanfaatan resi gudang untuk menjaga harga itu," kata dia.

Menteri Perdagangan M Lutfi menambahkan, tujuannya sama dengan Mentan Suswono, yakni menjaga harga dan mensejahterakan petani.

"Fokus kita sama yakni agar konsumen tidak terbebani harga, petani bisa sejahtera," tutupnya. (dtc/haluankepri.com/antaranews.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini