Ads


» » » Mentan Suswono Berharap Data Pangan yang Valid Supaya Tak Terjadi Distorsi Harga di Tingkat Petani

Jakarta,BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Pertanian Suswono bersama dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfhi membahas soal stabilitas harga. Suswono berharap data pangan yang valid agar tidak terjadi distorsi harga di tingkat petani.

Kedua menteri tersebut telah bertemu di Kementerian Pertanian (Kementan). "Kita ingin mengoptimalkan peran dari dua kementerian khususnya dalam upaya menjaga harga stabil," ujar Suswono kepada wartawan di kantornya bersama Mendag, Selasa (25/2/2014).

Doktor pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan pada pertemuan tersebut pihaknya dengan Kemendag ingin membenahi data. Baik data produksi yang berasal dari Kementan dan data kebutuhan dari Kemendag. Data tersebut nantinya menjadi acuan nasional.

Dengan data tersebut pula, menteri yang berasal dari kota Tegal Jawa Tengah menyatakan bila nantinya terjadi kekurangan suplai akan mudah menghitung berapa besar kekurangannya.

"Tentu kami ingin bersama membenahi baik data produksi maupun kebutuhan dengan data yang valid. Diharapkan toh, kalau memang data produksi tidak memenuhi untuk kebutuhan nasional maka kapan waktu yang tepat untuk impor," jelas Suswono.

Mantan Wakil Ketua Komisi IV tersebut menjelaskan dengan data yang valid nantinya dapat mendukung stabilitas harga. Pasalnya jika ada impor tidak akan mendistorsi harga pada tingat petani dan sekaligus tidak membebani konsumen.

"Dengan jumlah berapa impor supaya tidak mendistorsi harga petani. Kami juga menyepakti bagaimana agar realisasi impor sesuai dengan jadwal yang ada. Itu demi menjaga kebutuhan dan harga stabil serta terjangkau konsumen," tuturnya.(inilah.com/lasman)
 
 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini