Ads


» » » Wakil Menteri Pertanian Kunjungi Lokasi Penanaman Kemiri Sunan di Bangka Belitung

Bangka Belitung, BeritaRayaOnline.Com,-Pada Sabtu , 4 Januari 2014, Wakil Menteri Pertanian  Dr. Rusman Heriawan, melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kunjungan kerjanya Wamen didampingi oleh Kepala Balit Bangtan ,Kapuslitbangbun, Kepala BPTP Babel Kepala Balitas, BB Mektan, Peneliti Paska Panen, Peneliti BBSDL,Peneliti Balitri, Peneliti Balitbangtan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Kep. Babel, Bupati Bangka, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Bangka. 

Kunjungan kerja dilakukan di lokasi penanaman kemiri sunan di lahan eks tambang timah PT. Timah  Desa Limbang Jaya, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Lahan eks tambang timah ini merupakan lahan bekas galian timah yang belum seluruhnya di lakukan reklamasi kembali oleh PT. Timah dan masih terlantar. 

Maka dari itu sebagai tindak  nyata Balitbangtan, melalui Balai Tanaman Industri (Balitri) melakukan usaha penghijauan atau reklamasi di lahan eks tambang timah dengan penanaman tanaman kemiri sunan.


 Dalam kunjungan tersebut Wamen menjelaskan bahwa tanaman kemiri sunan  mempunyai empat alasan untuk di tanam, yaitu: 1) Tanaman kemiri sunan merupakan tanaman tahunan yang cocok di tanam di lahan sub optimal, 2)Tanaman kemiri sunan sebagai sebagai tanaman penghijauan, 3) Tanaman kemiri sunan sebagai sumber bioenergi, 4) Tanaman kemiri sunan mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi. 

Kepala Balitbangtan  Dr. Haryono juga menjelaskan  tanaman kemiri sunan sudah di tes kemurniannya dan mempunyai produksi yang tinggi. Bupati Bangka juga akan menjadikan tanaman kemiri sunan sebagai pilot projek penghijauan lahan eks tambang timah di Kabupaten Bangka dan kedepannya untuk produsen bioenergi. 

Sedangkan dari PT. Timah sendiri sangat mendukung program ini, karena lahan eks tambang timah yang ada di kabupaten Bangka sangat luas dan memerlukan perbaikan atau reklamasi.
 


Selain mengunjungi lokasi penanaman kemiri sunan di lahan eks tambang timah, Wamen beserta rombongan juga mengunjungi lokasi penanaman kemiri sunan yang telah berumur dua tahun di Desa Kim Hin, Kecamatan Sungailiat. Tanaman kemiri sunan di Desa Kim Hin merupakan milik petani yang di tanam di lahan perkebunan yang ditumpangsarikan dengan sereh wangi.


Wamen menjelaskan bahwa kemiri sunan sangat berpotensi dan mempunyai nilai tinggi sebagai porduk olahan dan juga bioenergi, sedangkan sereh wangi dapat dimanfaatkan menjadi minyak melaui penyulingan dan ampasnya sebagai pakan ternak. Maka dari itu kedepannya  Wamen menyarankan,supaya di wilayah Bangka untuk dibangun pabrik pengolahan kemiri dan sereh wangi menjadi sumber bioenergi. (balai pengkajian teknologi pertanian kep.babel/lasman simanjuntak)
Foto oleh  : Biro Umum dan Humas Kementerian Pertanian 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini