Ads


» » » Mentan Suswono Minta Petani di Indonesia Dapat Beradaptasi Pada Perubahan Iklim

Purworejo, BeritaRayaOnline.Com,- Menteri Pertanian, Suswono meminta petani di Indonesia dapat beradaptasi pada perubahan iklim yang cenderung ekstrim akhir-akhir ini. Hal itu harus dilakukan agar bisa tetap produktif.

Hal tersebut disampaikan oleh Suswono setelah mendengar paparan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg mengenai dampak bencana banjir dan longsor akhir 2013 di Purworejo. Paparan disampaikan di Pringgitan, Rumah Dinas Bupati Purworejo, Kamis (9/1/2014) malam.

"Tahun kemarin BMKG memprediksi kemarau maju, awal April. Tapi ternyata hujan turun sepanjang tahun atau disebut kemarau basah. Ini membuat petani bingung. Inilah dampak cuaca ekstrim. Bahkan puncaknya kali ini diprediksi pada Januari ini," jelas Mentan.

Suswono mengatakan, menghadapi cuaca ekstrim seperti sekarang, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk memperbaharui kalender tanam. Hal itu dilakukan untuk menolong petani agar dapat memahami musim tanam.

"Petani kita harus dinamis, tidak bisa strict seperti dulu dalam kebiasaan musim tanam. Diharapkan, petani bisa beradaptasi dengan perubahan iklim ini," tegas Suswono.(tribunjogja.com/lasman)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini