Ads


» » » Gagal Tanam Akibat Banjir, Kementerian Pertanian Sediakan 1.000 Ton Benih Padi


Menteri Suswono saat beramah tamah dengan Bupati Purworejo Mahsun Zain dan jajarannya. (Foto :Kedaulatan Rakyat Online
 
Purworejo, BeritaRayaOnline.Com,- – Menteri Pertanian Dr Ir Suswono MA berharap agar petani bisa beradaptasi dengan perubahan iklim. Mengingat perubahan iklim saat ini bisa sangat ekstrim sehingga sangat memungkinkan gagal panen, termasuk akibat bencana banjir.

Kementerian Pertanian sendiri telah menyediakan stok benih padi dari berbagai jenis untuk kebutuhan bantuan petani yang gagal tanam akibat diterjang bencana.

 “Sekarang ada stok benih padi sekitar 1.000 ton dari berbagai jenis. Terutama jenis Ciherang,” kata Suswono kepada wartawan usai pertemuan dengan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg di Ruang Peringgitan rumah dinas bupati setempat, Jumat (10/01/2014).

Menurut Bupati Mahsun Zain, akibat banjir yang melanda 13 wilayah kecamatan di Purworejo selama sepekan di penghujung tahun 2013 telah mengakibatkan petani gagal tanam, dan bahkan sebagian terancam puso. Disamping itu petani tambak dan perikanan air tawar juga gagal panen akibat banjir dan ikan yang sudah siap panen hilang. Kerusakan juga terjadi pada tanaman hortikultura dan lainnya termasuk tanggul irigasi jebol.

 “Kerugian bidang pertanian, perkebunan dan perikanan akibat banjir ini mencapai sekitar 19.470.000.000,” katanya.

Saat terjadi banjir lanjut Mahzun Zain, para petani di Purworejo yang merupakan daerah penyangga pangan di Jawa Tengah selatan ini, sedang menghadapi musim tanam, dan bahkan sudah ada yang tanam. Sedang pada daerah pertambakan, dan perikanan darat, mayoritas petani sedang menghadapi musim panen dan sebagian sudah menebar bibit.

Menteri Suswono bersama rombongan setelah bermalam di Purworejo, Jumat (10/1) langsung meninjau lokasi banjir di Desa Tasik Madu Kecamatan Pituruh. (kedaulatan rakyat online/lasman simanjuntak)




 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini