Ads


» » » Dirjen Hortikultura: Balitbang Pertanian akan Dilibatkan Pasca Erupsi Gunung Sinabung

Kaban Jahe, Tanah Karo, BeritaRayaOnline,- Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Hasanudin Ibrahim ,mengatakan akan melibatkan Badan Litbang Kementerian Pertanian untuk mendampingi para petani bagaimana cara menanam kembali di atas areal pertanian yang terkena erupsi Gunung Sinabung.

Hal itu dikatakannya kepada wartawan BeritaRayaOnline seusai mendampingi Menteri Pertanian Suswono menyerahkan bantuan bibit tanaman dan alat mesin pertanian kepada para petani korban erupsi bencana alam Gunung Sinabung di Posko Utama Tanggap Darurat Gedung DPRD Kabupaten Karo Jalan Veteran Kaban Jahe, Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara, Kamis sore (23/1/2O14).

"Badan Litbang Pertanian telah saya minta untuk mendampingi para petani pasca erupsi Gunung Sinabung.Begini lho cara tanam pasca erupsi Gunung Sinabung.Misalnya, tanah ditambah kapur supaya PH naik, baru para petani bisa menanam kembali," ucapnya.



Menurut Dirjen Hortikultura bantuan ini jadi semacam uji coba penggunaan pasca erupsi Gunung Sinabung bersama dengan Badan Litbang Pertanian.

"Bantuan berupa bibit sayuran, kentang, wortel, tomat,cabe, benih jeruk, benih kopi dan alat mesin pertanian seperti traktor,cultivator dan pompa air," ujarnya.

Dikatakan lagi oleh Hasanudin Ibrahim, setelah uji coba ini berhasil, baru bantuan Presiden kemudian."Ada dua hal yang perlu dicatat.Pertama, ganti rugi belum tahu apa sebesar 1OO persen atau hanya 3O persen.Juga yang diganti Saprodi atau juga plus tenaga kerjanya.Kedua,bantuan reguler Kementerian Pertanian.Nanti bank dengan kredit ketahanan pangan dan energi.Tahun 2O14 ini bank akan memberi kredit ketahanan pangan dan energi tanpa agunan.Nanti kami akan fasilitasi bank bagaimana cara menghitungnya.Kami tidak bisa ikut campur karena ini wewenang Bank Indonesia," katanya.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini