Ads


» » » Daftar Obat Formularium Nasional Berkhasiat, Aman, dan Harga Terjangkau

 Jakarta,BeritaRayaOnline,- Daftar obat yang disusun oleh Komite Nasional Penyusunan Formularium Nasional didasarkan pada bukti ilmiah terkini, berkhasiat, aman. Dan dengan harga terjangkau yang disediakan serta digunakan sebagai acuan untuk penulisan resep dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).














Demikian dijelaskan oleh Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra.Maura Linda Sitanggang didampingi. Dra.Engko Sosialine Magdalene, Direktur Bina Obat Publik dan Perbekalan dan Drs.Bayu Teja Mulyawan,Direktur Pelayanan dan Kefarmasian,Kementerian Kesehatan dalam acara temu media di Jakarta,Jumat (6/12/2O13) sehubungan dengan kesiapan pelayanan kefarmasian dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Formularium nasional atau Fornas terdiri dari kelas terapi (29), sub kelas terapi (9O), dan item obat (519 item obat/zat aktif atau dalam 923 kekuatan/bentuk sediaan.

Menurut Dra.Maura Linda Sitanggang, format formularium nasional terdiri dari sistematika penulisan,kelas terapi,sub kelas terapi,nama generik obat,bentuk sediaan dan kekuatan obat,indikasi,kontraindikasi,restriksi peresepan, fasilitas kesehatan tingkat pertama,kedua,ketiga,dan rujukan balik.

"Kompendium alat kesehatan sebagai acuan untuk pelayanan kesehatan dalam menentukan pembelian alat kesehatan yang cost effective sesuai mutunya.Health technology assessment untuk penyusunan e katalog alkes dalam pengendalian harga alat kesehatan,"ujarnya.

Daftar alat kesehatan terdiri dari alkes elektromedik,alkes non alektromedik, dan alkes diagnostik in vitro.Kemudian ilustrasi/gambar alkes,spesifikasi dasar alkes, hal hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan alat, dan resiko yang mungkin terjadi akibat penggunaan alat kesehatan.

"Kompendium alat kesehatan merupakan kumpulan informasi tentang alat kesehatan yang disajikan secara komprehensif,"ujarnya.

Penetapan harga alat kesehatan melalui e-Catalogue (tahun 2O13) rencana kebutuhan alkes nasional yaitu kebutuhan dari dinkes kab/kota,dinkes provinsi dan rs pemerintah berdasarkan e-Planning, daftar alat kesehatan dan spesifikasi akan tercantum dalam e-Cataloguen, serta dilakukan secara e-Purchasing.(lasman simanjuntak)





eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini