Ads


» » » Mentan Suswono : Peran Penyuluh Pertanian ke Depan akan Semakin Diperlukan

 Malang, Jatim, BeritaRayaOnline.Com,- - Kebutuhan pangan pada tahun-tahun mendatang akan meningkat. Pasalnya pertumbuhan penduduk selalu bertambah.

"Peran penyuluh ke depan akan menjadi semakin diperlukan dengan situasi ke depan yaitu persoalan pangan," kata Menteri Pertanian Suswono ketika memberikan Kuliah Umum di depan mahasiswa dan mahasiswi ke Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian(STPP) Malang, Sabtu  pagi (30/11/2013).

Pada kesempatan itu Menteri Pertanian didampingi  Ir.Mulyono Nugroho Sarwoto, Ketua STPP Malang dan Dr.Rudy Rawenda, Kepala Balai Besar Peternakan Batu Malang.

Menurut Menteri pertanian  Suswono alasan kebutuhan pangan akan meningkat karena diperkirakan pada 2014 jumlah penduduk akan mencapai 9 miliar orang. Dengan 'meledaknya' jumlah penduduk otomatis pangan menjadi komoditas penting yang dikonsumsi.

"Kebutuhan pangan akan semakin menentukan kondisi wilayah geopolitik dunia karena persoalan pangan akan meningkat dua kali lipat. Kita apakah bisa memenuhi . Apalagi  tantangan perubahan iklim," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Suswono peran penyuluh pada tingkat petani sangat menentukan. Sebab tanpa penyuluh petani akan susah menggunakan teknologi pertanian.

"Solusi adanya teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan hasil penelitian untuk pertanian," katanya.(lasman simanjuntak)








eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini