Ads


» » » Sulit dan Mahalnya Biaya Pengangkutan Produk Hortikultura Terungkap Dalam Temu Bisnis PF2N



Yogyakarta, BeritaRayaOnline.Com,-Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dengan pola distribusi yang masih panjang dan sulit dalam pengangkutan, biaya pengangkutan yang mahal serta kurangnya sarana maupun prasarana pengangkutan merupakan salah satu kendala yang terungkap dalam acara Temu Bisnis Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) dengan tema "Hortikultura Nusantara Sebagai Gaya Hidup Bangsa" di Yogyakarta, Kamis (3/10/2013).

Selain itu acara Temu Bisnis yang dihadiri Direktur Jenderal Hortikultura , Hasanuddin Ibrahim, Direktur Buah, Direktorat Budidaya dan Pasca Panen Buah, Rahman Pinen, Direktur Pemasaran Domestik, Ditjen Hortikultura Ibu Ari dan moderatorpengusaha hortikultura, M.Gunung Soetopo, kendala dalam pemasaran lainnya yakni  skala usaha tani bunga dilakukan di lahan-lahan sempit dan tersebar menyebabkan variabilitas mutu yangbesar dan keseragaman produk serta ketepatan waktu kirim tidak terjamin.




Kegiatan usaha on-farm dan off-farm belum optimal dan terrintegrasi sehingga kualitas menjadi rendah. Kelembagaan pemasaran petani (Keltan/Gapoktan, Koperasi/Asosiasi) belum tertata baik, tata niaga pemasaran belum efektif, berdampak kesenjangan harga produsen dan konsumen cukup tinggi.


Rendahnya ketersediaan teknologi yang dapat diakses oleh petani secara langsung kurang desiminasi teknologi pengolahan dan pemasaran.Kurangnya akses informasi atas perubahan pola dan minat konsumen terhadapjenis komoditi, serta akses permodalan dan dukungan kebijakan pemerintah yang belum optimal.(lasman simanjuntak)
Foto-foto oleh :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline.Com

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini