Ads


» » » PF2N Momentum Istimewa Bagi Pelaku Bisnis Hortikultura


Laporan  : Pulo Lasman Simanjuntak Wartawan BeritaRayaOnline

 Pekan Flori dan FloraNasional 2013 (PF2N) di Yogyakarta merupakan momentum istimewa bagi pelaku bisnis hortikultura  yang bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komoditas komersial. Pameran ini merupakan ajang Pameran Hortikultura Indonesia berskala internasional yang menjadi agenda tahunan nasional Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

Berawal hanya untuk Flori Indonesia (Pekan Flori Nasional/PFN) yang dilaksanakan di Tomohon (2008), kemudian dilengkapi dengan buah sayur dan tanaman obat sehingga menjadi Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) yang diselenggarakan di Banten (2009), di Batam(2010), di Bali (2011) dan di Medan (2012). Pada 2013 Kota Yogyakarta mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk penyelengaraanPF2N yang ke -6 dengan mengambil tema "Hortikultura Nusantara Sebagai gaya Hidup Sehat".

Dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai lokasi penyelenggaraan PF2N 2013 karena kota ini dinilai memiliki potensi yang luar biasauntuk mendukung kemajuan hortikultura nasional melalui berbagai sumber daya yang dimilikinya antara lain potensi sumber daya manusia, potensi pariwisata dan budaya serta potensi sumber daya ekonomi kreatif lainnya. Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimilikinya Yogyakarta diharapkan bisa menjadi show window pengembangan hortikultura nasional.




Menurut Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian,  Dr.Ir.Hasanuddin Ibrahim,Pekan Fllori dan Flora Nasional (PF2N) merupakann agenda tahunan Direktorat Jenderal Hrtikultura sekaligus momentum istimewa bagi pelaku usaha agribisnis hortikultura untuuk saling tukar informasi, membangun jejaring, dan menampilkan berbagai produk hortikultura serta sarana penunjangnya.

"Pameran ini bertujuan untk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komiditas komersial. Di samping itu juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa pemerintah baik pusat maupun daerah mempunyai komitmen yang tinggi untuk membangun industri hortikultura Indonesia," kata Dirjen Hortikultura.



Pekan Flori dan Flora Nasional 2013 merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian kota Yogyakarta dan event organizer. Berbagai kegiatan yang digelar antara lain pameran jambore varietas bursa, aneka lomba, kursus, workshop, seminar, talkshow, perijinan terpadu, kontak bisnis, temu investasi, agrowisata, pawai andong/kendaraan hias, kuliner, dan dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisionil.

Visi penyelengaraan PF2 N adalah festival hortikultura menjadi pilot project bagi kegiatan agribisnis hortikultura Indonesia. Misi yang ingin dicapai dari penyelengaraan PF2N adalah menjadikan PF2N sebagai event nasional bertaraf internasional untuk mendorong kemajuan hortikultura Indonesia. Acara ini dilaksanakan 2 s/ 8 Oktober 2013 dengan lokasi di Jalan Kenari, Timoho, Yogyakarta.

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini