Ads


» » » Menteri Pertanian Suswono Tandatangani MoU Bidang Pertanian dengan Peru




Jakarta, BeritaRayaOnline.Com,- Memorandum of Understanding atau MoU bidang pertanian antara Kementerian Pertanian RI dengan Kementerian Peru telah ditandatangani pada Senin, 7 Oktober 2013. Kerjasama dengan Peru untuk bidang pertanian sudah dimulai sejak tahun 1989 yaitu kerjasama di bidang kentang dengan Badan Litbang Pertanian dan ini memberikan manfaat yang positif untuk pengembangan produksi bibit kentang yang berkualitas dan saat ini sudah dikembangkan untuk ubi jalar.

Saat ini Indonesia sudah memiliki berbagai varietas produktivitas , kualitas kentang dan ubi jalar semakin meningkat dari tahun 1989. Seperti kita ketahui bersama, Peru merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak jenis kentang di dunia dan dengan produksi yang cukup tinggi.

Untuk ke depan diharapkan kerjasama dengan Peru tidak hanya di bidang kentang dan ubi jalar, tetapi juga mencakup: (1) Pertukaran ilmiah/informasi teknis dan dokumen (2) transfer teknologi, (3) Promosi, (4) Joint research, (5) Pertukaran tenaga ahli dan ilmiah, dan (6) bentuk kerjasama lain yang diinginkan bersama.

Seperti diketahui, ekspor utama produk pertanian kita ke Peru adalah karet alam, sedangkan impor utama produk pertanian dari Peru adalah pakan ternak, obat hewan, biji gandum dan pupuk buatan pabrik.

Ke depan Kementan mengharapkan dengan adanya MoU ini antara lain dapat membuka akses pasar untuk produk-produk unggulan pertanian kita tidak hanya karet saja yang kita ekspor ke Peru, tetapi juga kelapa sawit, coklat, kopi, rempah-rempah, tee, obat herbal, produk pangan olahan ,dll.(release humas kementerian pertanian/lasman)



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini