Ads


» » » Mentan Suswono : Yogyakarta Diharapkan Dapat Menjadi Percontohan Bagi Pengembangan Hortikultura Nasional


DI Yogyakarta, BeritaRayaOnline.Com,-Yogakarta memiliki dataran rendah dan dataran tinggi dengan hawa yang sejuk sehingga kita harapkan dapat menjadi percontohan atau show window bagi pengembangan hortikultura nasional. Demikian harapan Menteri Pertanian Suswono pada pembukaan acara  Pekan Flori dan Flora Nasional di Yogyakarta, Rabu (2/10/2013).

Di samping itu lanjutnya, dengan julukan kota budaya dan kota pendidikan yang dihuni pelajar/mahasiswa dari seluruh Indonesia tentunya kebutuhan akan komoditas hortikultura menjadi cukup besar."Permintaan aneka produk hortikultura menjadi semakin besar mengingat Yogyakarta dan sekitarnya juga merupakan kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun asing, serta instansi pemerintah maupun swasta" katanya.

"Oleh karena itu dengan kerendahan hati saya mohon dukungan Gubernur DI Yogyakartauntuk tetap memprioritaskan komoditas pertanian khususnya komoditas hortikultura sebagai andalan Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di wilayah Yogyakarta di samping sebagai obyek agrowisata ekowisata maupun edu wisata,"ucapnya.

Dikatakan lagi oleh Menteri Pertanian Suswono, "Hortikultura Nusantara Sebagai Gaya Hidup Sehat" memiliki arti yang sangat luas. Dipandang dari unsur keperluan, kita masih sangat membutuhkan konsumsi buah, sayur, dan tanaman obat karena tingkat konsumsi kita masih jauh dari rata-rata masyarakat dunia.

Sedangkan dari segi estetika komoditas hortikultura sangat berpengaruh terhadap perasaan indah dan ketenangan batin serta mengadung unsur rekreasi."Untuk itulah saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama memajukan, mencintai, dan mengkonsumsi produksi hortikultura dalam negeri," pesan Mentan.

Apabila kita cermati dalam dekade terakhir ini produksi hortikultura terus mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas sebagai dampak dari penerapan GAP (Good Agricultural Practices) dalam usaha budidaya hortikultura."Produk hortikultura ke depan bukan saja harus semakin berkualitas dan kontinuitas pasokannya terjamin, akan tetapi juga harus diusahakan dengan memperhatikan sistem pelestarian lingkungan," kilahnya. (lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini