Ads


» » » Dirjen Hortikultura Buka Konferensi International Conference on Tropical Horticulture


Yogyakarta, BeritaRayaOnline.Com-Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian, Dr.Ir.Hasanuddin Ibrahim  didampingi  Dr.Ir. M.Prama Yufdy, Msc, Kepala Puslitbang Hortikultura, Badan Litbang, membuka acara konferensi International Conference on Tropical Horticulture (ICTH) di Hotel Royal Ambarruko, Yogyakarta, Kamis pagi (3/10/2013).

Tema yang diangkat adalah Promoting Horticulture Innovation for Better Life. Kegiatan ini merupakan media untuk sharing informasi terkait inovasi teknologi hoortikultura. Forum diskusi untuk mendapatkan masukan memecahkan permasalahan strategis hortikultura dan meningkatkan networking dengan masyarakat hortikultura internasional.

Tema Promoting Horticulture Innovation for Better Life menurut penjelasan Dr.Ir.M.Prama Yufdy, Msc, Kepala Puslitbang Hortikultura, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (3/10/2013), akan membahas berbagai aspek penelitian pengembangan, dan penerapan inovasi hortikultura dengan menghadirkan 18 nara sumber, 10 dari dalam negeri dan 8 dari luar negeri, dari universitas internasional serta pelaku bisnis.

"Topik-topik menarik dibahas antara lain  bagaimana daya saing buah tropika kita, peran buah dan sayuran sebagai pangan fungsional yang sangat penting untuk kesehatan dan bagaimana komersialisasinya. Kemudian, bagaimana teknologi budidaya hortikultura dikaitkan dengan perubahan iklim yang terjadi, sampai bagaimana tantangan dan peluang usaha florikultura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta green city," jelasnya.



Menurut Dr.Ir.M.Prama Yufdy, Msc komoditas hortikultura termasuk buah dan sayur mempunyai peran yang sangat penting dalam perbaikan gizi masyarakat . Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur dapat mengurangi atau mencegah penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular."Oleh karena itu peningkatan ketersediaan aksesibilitas dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup akan meninngkatkan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Pada saat ini rata-rata konsumsi buah msyarakat kita sekitar 32 kg/kapita/tahun, dan sayur sekitar 35 kg/kapita/tahun. Hal ini masih jauh di bawah anjuran FAO yaitu 73 kg/kapita/tahun.Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian telah mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari, program pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayuran, tanaman obat keluarga, buah-buahan dan tanaman pangan lainnya.

Konferensi internasional tentang hortikultura tropis diikuti oleh lebih 200 peserta, dan menampilkan hasil penelitian dari Badan Litbang Pertanian, LIPI, Perguruan Tinggi, dan swasta, serta dilengkapi dengan display biodiversity manggis, jeruk, varietas unggul baru sayuran buah dan bunga tropika, serta teknologi perbenihan, bididaya, serta pengendalian hama dan penyakit. (lasman simanjuntak)

Foto-foto oleh :Lasman Simanjuntak/BeritaRayaOnline

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini