Ads


» » » Wamentan :Pemerintah Harus Jamin Ketersediaan Kedelai Jaga Stabilitas Harga


Denpasar, BeritaRayaOnline.Com,- Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan pemerintah tahun 2014 harus menjamin persediaan kedelai untuk menjaga stabilitas harga di pasar.

"Persediaan kacang kedelai tahun 2014 ditargetkan sebanyak 2,5 juta ton. Sedangkan tahun 2013 hanya mencapai 1,5 juta ton. Sehingga stabilitas harga di tingkat petani maupun industri relatif aman dan stabil," kata Rusman di Nusa Dua, di sela menghadiri pembukaan pameran "UKM Internasional" di Nusa Dua, Bali, Rabu (4/9).

Ia mengatakan dari total target persediaan tersebut, minimal sebanyak 25 persen hingga 30 persen adalah produksi dalam negeri dan diharapkan tidak mengimpor. Selain itu, minimal 20 ribu sampai 40 ribu ton stok tersebut harus ada di gudang Bulog.



"Pemerintah hanya mendorong dengan kebijakan. Namun penguasaan persediaan kedelai tersebut harus melalui Bulog dan harus ada upaya untuk mengatasi stabilitas harga dan stok melalui Bulog tersebut," katanya.


Rusman mengatakan Bulog sendiri berkewajiban untuk meningkatkan persediaan kedelai dan diharapkan lebih prioritas produk dalam negeri. Dengan langkah itu diyakini stok kedelai aman dan harga stabil.

Saat ini harga kedelai di tingkat pengrajin dan industri sudah mencapai tertinggi yakni Rp 10 ribu. Sementara di tingkat petani masih terjadi fluktuasi mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram. (ant/las)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini