Ads


» » » Mentan Suswono : Ketersediaan Lahan Sawah di Kabupaten Ogan Komering Ilir Masih Terbentang Luas


Oki, Palembang, BeritaRayaOnline.Com,-Menteri Pertanian RI DR  Suswono  mengatakan ketersediaan lahan sawah di Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih terbentang luas.Dengan lahan yang luas ini kita akan mampu mencapai swasembada beras nasional.

Hal ini diungkapkan Suswono, saat menyampaikan sambutannya di hadapan ribuan masyarakat OKI pada acara penyerahan bantuan pertanian di Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi OKI, Selasa (17/9/2013).

Penyerahan bantuan dilaksanakan di tengah lapangan desa usai melaksanakan cetak sawah baru dan penanaman perdana padi lahan basah seluah 100 hektar.

Menurut Menteri PertanianSuswono, apa yang telah diadakan ini harus dijaga dan dirawat bersama-sama.

"Mari kita bersama-bersama agar lebih bersemangat menanam," ajaknya seraya menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan setiap jengkal lahan untuk ditanam tanaman bermanfaat seperti ubi singkong, jagung, terung, cabe dan sayurannya.

"Ayo pak Kades, beri motivasi dan bina masyarakat agar mereka giat menanam, dan dapat memenuhi kabutuhan sayuran sendiri," imbaunya pula.

 Lumbung Pangan Nasional
Menteri Pertanian RI DR Ir H Suswono MMA yakin Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan menjadi salah satu penyokong lumbung pangan nasional seiring dengan produktivitas padi serta luasnya potensi pertanian di wilayah Bumi Bende Seguguk.



“Saya yakin dengan produktivitas padi ditambah dengan luasnya lahan cetak sawah baru yang baru saja kita tanam tadi Kabupaten Ogan Komering Ilir akan menjadi salah satu penopang lumbung pangan nasional,” ucap Suswono saat menyampaikan kata sambutan seusai penanaman pada lahan cetak sawah baru di Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi OKI bersama Panglima TNI Jendral Moeldoko, Kasad Jendral TNI Budiman, Sekda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya dan Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM, Selasa (17/9/2013).

Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan salah satu penyumbang produksi beras terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Seiring dengan semakin tingginya tingkat produktifitas padi di wilayah ini.

 Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan bahwa prajurit TNI selalu siap membantu masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan.


Penegasan ini disampaikan Jenderal Moeldoko saat memberikan arahannya pada acara penanaman perdana padi di lahan sawah basah Desa Tanjung Aur Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (17/9/2013).

Panglima Muldoko sengaja datang ke OKI bersama Menteri Pertanian Suswono, didampingi KSAD, Pandam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel dan Bupati OKI.

Rombongan ini dalam rangka menanam padi perdana di lahan sawah yang butan dicetak hasil kerjasama Pertanian, TNI, dan Bupati OI.

Panglima mengaku jajarannya akan siap bekerja keras dalam rangka membantu masyarakat bertani sawah.
"Jajaran TNI akan bekerja keras membantu masyarakat memberikan semangat dan turun langsung ke lapangan," tegasnya seraya menyebutkan bahwa dengan semakin luasnya lahan sawah di Indonesia maka program swasembada beras nasional tahun 2014 akan tercapai.

"Mari kita kerja bersama-sama gotong-royong untuk mencapai tujuan kita, rakyat bersama TNI semakin kuat," katanya disambut tepuk riuh hadirin yang memadati. tenda acara.(dari berbagai sumber/lasman simanjuntak)
Foto-foto oleh : Humas Kementerian Pertanian RI


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini