Ads


» » » Kakao Punya Peran Strategis Dalam Perekonomian Indonesia

Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, BeritaRayaOnline.Com,-Sebagai salah satu komoditas andalan Indonesia kakao mempunyai peran strategis dalam perekonomian Indonesia. Salah satunya sebagai penyumbang devisa negara peringkat ketiga di sektor perkebunan. Pada 2012 komoditas kakao telah menyumbang devisa sebesar USD 1.053.446.947 ( 1,053 miliar) dari ekspor biji kakao dan produk kakao olahan.

Walaupun saat ini Indonesia berada diurutan ketiga sebagai produsen biji kakao dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Namun kita masih memiliki tanah yang luas dansubur yang terbentang dari Sabang sampai Merauke sangat cocok untuk ditanami kakao.




"Oleh karena itu bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan Indonesia bisa melewati posisi Pantai Gading untuk menjadi produsen biji kakao terbesar di dunia," kata Menteri Perindustrian Mohamad S.Hidayat pada sambutan yang dibacakan Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Faiz Achmad, pada Peringatan Hari Kakao Indonesia sekaligus  Cocoa Day Expo 2013 di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Rabu siang (18/9/2013). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawanyang juga memberikan kata sambutan.

Hari Kakao Indonesia yng bertajuk "Cokelatku, Budayaku, Indonesiaku" menggelar sejumlah acara diantaranya lokakarya, pameran, dan demonstrasi kreasi hidangan berbahan dasar cokelat. Acara ini bertujuan meningkatkan konsumsi produk kakao lokal sekaligus mendorong hilirisasi industri kakao dalam negeri melalui peningkatan nilai tambah produk kakao dan cokelat.


Kegiatan ini diselenggarakan kerjasama pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian didukung oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan dengan pihak swasta yang dikoordinator oleh Dewan Kakao Indonesia bersama seluruh asosiasi dan stakeholder kakao berlangsung di Mall Taman Anggrek 18-22 September 2013.(lasman simanjuntak)




eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini