Ads


» » » Jadikan Tol Bali Mandara Sebagai Ikon Pariwisata


Denpasar BeritaRayaOnline.Com- Berbagai kendaraan termasuk sepeda motor sejak Selasa (24/9/2013) pagi mulai pukul 07.00 wita  mulai berlomba memasuki Jalan Tol Mandara, yaitu  Jalan Tol yang menghubungan Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa di Bali. Peresmian jalan tol yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Senin (23/9/2013) kemarin di Bali.

Presiden SBY dalam sambutannya mengatakan, jalan tol sepanjang 10 kilometer lebih menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan konstruksi prasarana perhubungan di tanah air kita. Sebuah maha karya anak bangsa, dalam pembangunan infrastruktur yang membanggakan.

Presiden juga berharap,  kualitas daya dukung wilayah Bali dalam menunjang kepariwisataan dan aktivitas ekonomi lainnya, akan terus meningkat. Apalagi, Bali merupakan provinsi yang paling sering  menjadi tuan rumah perhelatan internasional, termasuk menjadi  sarana pendukung Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pacific---Asia Pacific Economic Coorporation (APEC), yang akan diselenggarakan pada awal bulan Oktober mendatang di Bali.

Presiden meminta kepada jajaran Direksi PT. Jasamarga Bali Tol selaku pengelola Jalan Tol Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jalan tol ini.  “Berikanlah pelayanan yang cepat, mudah, murah, dan aman. Ingat jalan tol ini, menjadi jalan yang paling banyak dilintasi oleh para turis dari seluruh dunia yang datang ke Pulau Bali. Tunjukkan kepada dunia, bahwa kita mampu menge-lola jalan tol dengan lebih baik, lebih ramah, dan lebih nyaman,” pesan Presiden SBY.

Khusus kepada masyarakat Bali, Presiden mengajak untuk memanfaatkan jalan tol ini sesuai fungsinya dengan baik. “Mari kita ikut serta menjaga, merawat, dan memelihara jalan tol yang menjadi ikon pariwisata baru di Pulau Bali,” pinta Presiden SBY.

Peresmian jalan tol sepanjang 12,7 km itu juga dihadiri oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Jajaran Direksi PT Jasa Marga Tbk, PT Jasamarga Bali Tol, BUMN kontraktor, BUMN perbankan dan tamu undangan lain-nya. 

Jalan Tol Mandara ini akan dibuka secara gratis bagi masyarakat umum hingga 7 hari ke depan. Mulai 1 Oktober 2013 pukul 00.00, jalan tol ini akan resmi menerapkan tarif tol.


Sudah Dapat Dinikmati
Mulai Selasa  (24/9/2013), masyarakat Bali sudah dapat menikmati Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Jalan tol sepanjang  12,7 km ini rencananya  diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di Gerbang Tol Nusa Dua, Bali pada Senin (23/9/2013).

Pada awal dioperasikan , para pengguna jalan tol belum dikenakan tarif tol alias gratis , karena masih dalam masa uji coba. “Hal ini merupakan bagian dari sosialisasi yang kita lakukan sebelum jalan tol ini dioperasikan secara penuh,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT), Akhmad Tito Karim kepada wartawan kemarin (22/9/2013).

 Meskipun belum dikenakan tarif tol, tambah Tito, namun seluruh unit pelayanan di jalan tol ini sudah dioperasikan secara penuh, seperti kendaraan Layanan Jalan Tol, Rescue, Ambulance, derek dan Patroli Jalan Raya (PJR).

Selama masa uji coba ini, Tito mengharapkan agar para pengguna jalan tol mematuhi rambu yang ada agar terjaga keselamatan dan kenyamanan ketika bekendara di jalan tol. “Baik pengendara sepeda motor maupun kendaraa roda empat atau lebih, agar mematuhi batas kecepatan yang diatur di jalan tol,” jelas Tito.

 Dia juga menjelaskan bahwa kecepatan untuk kendaraan roda empat minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam. Sedang kecepatan maksimal untuk sepeda motor adalah 40 km/jam. Uji coba jalan tol ini akan dilakukan selama 7 (yujuh) hari, dan mulai tanggal 1 Oktober 2013 pukul 00.00 WITA,  jalan tol ini akan dikenakan tarif secara resmi.

Sesuai dengan SK Menteri Pekerjaan Umum Nomor 375/KPTS/M/2013 tanggal 18 September 2013, tarif tol untuk jalan tol pertama di Pulau Bali ini dioperasikan secara sistem terbuka dengan tarif sebagai berikut: Golongan I (sedan, minibus, dan sejenisnya serta bus) sebesar Rp 10.000; Golongan II (kendaraan truk dengan dua gandar) sebesar Rp 15.000; Golongan III (truk dengan tiga gandar) sebesar Rp 20.000; Golongan IV (truk dengan empat gandar) sebesar Rp 25.000 dan Golongan V (truk dengan lima gandar atau lebih) sebesar Rp 30.000. Sedang untuk Golongan VI (sepeda motor) sebesar Rp 4.000. Jalan tol di Bali ini merupakan jalan tol kedua yang dilengkapi dengan lajur sepeda motor setelah Jembatan Tol Suramadu.

Sebagaimana jalan di atas laut lainnya, Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini juga dilengkapi dengan pengukur kecepatan angin. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan tol, khususnya para pengendara sepeda motor. “Apabila kecepatan angin laut mencapai 40 km/jam atau lebih, maka jalan tol ini akan kami tutup sementara, agar tidak membahayakan pengendara jalan tol,” ujar Tito. Alat ukur ini dapat dipantau dari seluruh gerbang tol.

Di sisi lain, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Arief Wicaksono mengatakan bahwa jalan tol ini sudah laik untuk dioperasikan. “Disamping kami telah melakukan uji kelaikan selama 1,5 bulan, kami juga selalu berkoordinasi dengan Jasamarga Balitol untuk menjaga agar jalan tol ini layak dioperasikan.” ujar Arief

Menurut Arief, sebagaimana jalan tol lainnya, jalan tol di Bali ini juga akan dilakukan inspeksi setiap enam bulan sekali, untuk menjaga agar standar pelayanan di jalan tol ini tetap sesuai dengan yang ditetapkan. “Setiap semester, raportnya akan kami berikan kepada badan usaha,” katanya.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk., menguasai 55% saham PT JBT. Jalan Tol ini adalah satu dari 9 (sembilan) ruas jalan tol baru yang saat ini dibangun oleh Jasa Marga melalui anak perusahaan. Sementara operator jalan tol ini diserahkan kepada PT Jalantol Lingkarluar Jakarta yang juga merupakan anak perusahaan Jasa Marga.  (pls)

Sumber berita dan foto  : Humas PT (Persero) Jasa Marga

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini