Ads


» » » Tahun 2013 Merupakan Tahun Keempat Pelaksanaan Renstra Pembangunan Pertanian 2010-2014

Teks Foto : Menteri Pertanian Suswono memberi sambutan dalam acara Pemberian Penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2013bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, serta laporan Ketua Panitia Penghargaan Kepada Petani dan Penyuluh Pertanian TeladanTingkat Nasional, Achmad Suryana, Plt.Kepala Badan SDM/Kepala Badan Ketahanan Pangan , Kementerian Pertanian. Acara berlangsung di Auditorium Gedung Kampus F, Kementerian Pertanian, Jakarta, Sabtu siang (17/8/2013). (Foto : Humas Kementerian Pertanian RI)

Ragunan,Pasar Minggu BeritaRayaOnline.Com,-Tahun 2013 merupakan tahun keempat dari pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) pembangunan pertanian 2010-2014. Salah satu target yang harus dicapai adalah swasembada dan swasembada berkelanjutan. Dengan demikian kinerja di tahun 2013 ini merupakan tahun penentu tercapainya target swasembada dan swasembada berkelanjutan yang akan berdampak kepada kinerja tahun 2014.

Tanggungjawab pembangunan pertanian bukan hanya dibebankan kepada pemerintah khususnya Kementerian Pertanian, tetapi juga menjadi tanggungjawab pemerintah daerah serta semua elemen bangsa termasuk di dalamnya para petani, kelompoktani, dan penyuluh.

Untuk meningkatkan kinerja, motivasi,kompetensi, dan profesionalisme penyuluh serta meningkatkan kinerja Balai Pennyuluhan Pertanian serta kinerja para pelaku utama (petani gabungan kelompoktani dan kelembagaan ekonomi petani) dalam mendukung pencapaian target swasembada dan swasembada berkelanjutan Kementerian Pertanian telah melakukan pembinaan berupa pemberian penghargaan kepada para penyuluh pertanian (PNS, Penyuluh Swadaya, dan THL-TBPP) Balai Penyuluhan Pertanian, Gabungan Kelompoktani, kelembagaan ekonomi petani, pengelola P4S, widyaiswara, dan dosen STPP.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada 2013 ini cara pemberian penghargaan diberikan bersamaan dengan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-68. Adapun rincian para penerima penghargaan tersebut;

a.Penghargaan tingkat nasional2013 diberikan kepada 33 orang petani berprestas,i 33 Gapoktan berprestasi, 21 kelembagaan ekonomi petani berprestasi, 33 penyuluh pertanian PNS teladan, 31 penyuluh pertanian swadaya teladan, 33 THL-TB penyuluh pertanian teladan, serta 33 balai penyuluhan kecematan berprestasi yang mewakili 33 provinsi.
b.Selain penghargaan tingkat nasional tahun ini juga diberikan penghargaan bagi 9 pengelola P4S berprestasi, 3 orang widyaiswara dan 6 orang pemenang lomba karya tulis ilmiah (KTI) inovasi teknologi bidang pertanian.

Seleksi terhadap calon penerima penghargaan tingkat nasional dilakukan secara berjenjang dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai ke tingkat pusat.Setiap provinsi mengusulkan tiga calon dari masing-masing kategori. Selanjutnya dilakukan verifikasi oleh tim penilai pusat melalui penilaian administrasi dan observasi/kunjungan lapangan. Hasil verifikasi dari tim penilai perlu dibahas dalam sidang pleno yang dilaksanakan 16 Juli 2013 dihadiri oleh tim penilai pusat dan menghasilkan nama-nama penerima penghargaan 2013. Selanjutnya diusulkan kepada Menteri Pertanian untuk ditetapkan sebagai penerima penghargaan tingkat nasonal tahun 2013.

Belum semua provinsi mengusulkan calon sesuai kategori yang diminta seperti Kategori Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan terdapat dua provinsi yang tidak megusulkan yaitu Provinsi Maluku dan Provinsi Bangka Belitung. Kategori kelembagaan ekonomi petani berprestasi, dan terdapat 12 provinsi yang tidak mengusulkan kategori tersebut.


Selama di Jakarta para pennerima penghargaan tingkat nasional mengikuti acara kenegaraan sebagai berikut ;
a.Hari pertama, Jumat 16 Agustus 2013, menghadiri rapat Paripurna DPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Gedung DPR RI serta mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
b.Hari kedua, Sabtu, 17 Agustus 2013 mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke -68 di Istana Negara dan penyerahan penghargaan oleh Menteri Pertanian RI di Auditorium, Kantor Pusat.(Press Release/ Lasman Simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini