Ads


» » » Mentan : Kualitas Produk Rempah-Rempah Indonesia Masih Rendah



Ambon , BeritaRayaonline.Com, Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengakui kualitas produk rempah-rempah Indonesia masih rendah karena diolah secara tradisional.

"Karena itu, kebijakan yang ditempuh pemerintah adalah mensinergikan seluruh potensi sumberdaya dalam rangka meningkatkan daya saing melalui partisipasi aktif masyarakat," kata Suswono saat membuka Konferensi Rempah Tingkat Internasional pertama di Indonesia, Senin (19/8/2013), di Ambon.

Selain itu, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta didukung tata kelola pemerintahan yang baik melalui pengembangan komoditi tanaman rempah dapat berdampak terhadap peningkatan mutunya. "Strategi yang harus dilakukan adalah revitalisasi lahan, perbenihan, infrastruktur dan sarana serta penerapan teknologi dan industri hilir," katanya.

Begitu pun peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), pengembangan kelembagaan dan kemitraan, peningkatan investasi dan pengembangan sistem informasi pasar dan manajemen.





Mentan  Suswono memandang informasi pasar belum berkembang secara baik pada sentra produksi petani, yang mengakibatkan posisi tawar lemah, di samping keterbatasan permodalan serta fasilitas kredit.

Oleh karena itu pendekatan yng digunakan adalah pembangunan kawasan atau klaster di sentra-sentra produksi petani sehingga menjadi 'pembangkit' percepatan pengembangan di wilayah lainnya. "Pendekatan kawasan juga mempunyai implikasi berkelanjutan dan keterpaduan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan guna melakukan pendampingan terhadap petani yang merupakan kunci keberhasilan," katanya.




Suswono berharap kehadiran berbagai steakholder rempah baik nasional maupun internasional dengan keragaman kompetensi yang terdiri dari praktisi, penelti, pengusaha, petani dan pembina, dapat berdampak menyatukan derap dan langkah untuk pengembangan dan peningkatan kualitas produksi rempah-rempah Indonesia.


"Saya mengharapkan para peserta dapat mencurahkan pengalaman dan pemikirannya untuk memecahkan seluruh permasalahan yang dihadapi dan menghasilkan langkah-langkah operasional secara proporsional dan profesional," ujar Suswono. (antara/lasman simanjuntak)
Foto-foto oleh  : Humas Kementerian Pertanian RI

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini